Aktor Laskar Pelangi Riwayatmu Kini

Zulfani Pasha/Net
Zulfani Pasha/Net

PEMERAN bocah bernama Ikal di film Laskar Pelangi, Zulfani Pasha, 26, ditangkap polisi diduga menipu. Isterinya, Putri Amelia, pura-pura open BO via MiChat. Setelah bertemu pembeli di hotel, uang pembeli ditipu dibawa lari. Sangat disayangkan.

Film Laskar Pelangi yang dirilis 25 September 2008 laku keras. Dipublikasikan sebagai film Indonesia terlaris sepanjang sejarah, dengan jumlah penonton 4,6 juta penonton.

Berdasar data yang dirilis, biaya pembuatan waktu itu Rp 8 miliar, menghasilkan pendapatan Rp 61,3 miliar. Itu film anak-anak paling memikat, disutradarai Riri Reza. Bintang utamanya bernama Ikal, diperankan Zulfani Pasha.

Tapi, kini Zulfani bukan sedang main film. Kasatreskrim Polres Belitung Timur, AKP Wawan Suryadinata kepada pers, Selasa, 2 Mei 2023 menyatakan, Zulfani dan isterinya serta tiga pria lainnya ditangkap polisi dan ditahan di Polres Belitung Timur.

AKP Wawan: “Dugaannya ada dua, penipuan dan mengancam dengan senjata tajam.”

Kronologinya begini:

Jumat, 28 April 2023 Putri Amelia atas izin Zulfani, mejeng open BO (Booking Order) alias melacurkan diri via MiChat. Langsung, dapat pembeli bernama Rocky. Mereka janjian ketemu di hotel di Belitung Timur.

Malam itu sekitar pukul 23.00 WIB, Putri dan Rocky ketemu di hotel. Rocky diminta bayar dulu Rp 500 ribu. Setelah dibayar, Putri menghindar, lalu muncul Zulfani bersama dua teman pria, mengancam Rocky.

Lalu, empat orang, Zulfani, Putri dan dua teman mereka, kabur naik mobil Suzuki Ertiga BN 1163 WG.

Ternyata Rocky mengejar mereka dengan motor Yamaha R4 nomor BN 3865 XH. Dan, mobil tersusul. Rocky berteriak-teriak mengundang massa. Mereka melaju dari arah Manggar menuju arah Gantung sebelum jembatan di wilayah Kecamatan Gantung.

Zulfani yang duduk di jok kanan belakang, mengambil pedang samurai. Ia ayun-ayunkan samurai untuk menakuti Rocky. Hasilnya, Rocky tak lagi mengejar. Lantas, melapor ke Pos Polisi Gantung.

Ketika mobil komplotan itu lari, menabrak motor dan melarikan diri. Sementara, polisi siap melakukan pengejaran.

Tak terduga, mobil komplotan itu ternyata balik arah dari Gantung menuju Manggar.

Maka, mobil tersangka langsung berpapasan dengan mobil polisi. Mobil tersangka dipepet mobil polisi, akhirnya berhenti di pinggir jalan. Mobil polisi sempat diserempet mobil tersangka. Tanda ada perlawanan. Tapi akhirnya para tersangka menyerah.

Setelah mobil tersangka dihentikan, tim polisi menggeledah mobil. Ditemukan barang bukti pedang samurai yang digunakan untuk mengancam Rocky. Lalu para tersangka digiring ke Polres Belitung Timur.

Selasa, 2 Mei 2023 Polres Belitung Timur melakukan gelar perkara di depan pers. Para tersangka dipamerkan. Zulfani dan isterinya tampak selalu menunduk.

Zulfani kepada polisi mengakui perbuatannya. Ia mengaku, selama ini sepi job main film. Bahkan, selama tujuh bulan pandemi Covid-19 ia kerja serabutan sebagai kuli panggul.

Zulfani menikahi Puteri pada Maret 2023. Isteri pertama Zulfani, Vera Pazilla sudah diceraikan Agustus 2022 setelah setahun pernikahan mereka.

Kejadian itu pasti memprihatinkan. Bintang film top Laskar Pelangi sampai merebut duit Rp 500 ribu dari pengguna prostitusi. Laskar Pelangi film anak-anak terbaik Indonesia yang sampai kini belum ada yang menandingi kualitasnya.

Ada tujuh anak berperan di film itu. Ikal (Zulfani), A Kiong, Lintang, Syahdan, Trapani, Mahar, Sahara, dan Harun. Ceritanya sangat memikat. Lagunya melankolis. Sangat terkenal.

Laskar pelangi

Takkan terikat waktu

Bebaskan mimpimu di angkasa

Warnai bintang di jiwa

Lokasi syutingnya di Pantai Tanjung Tinggi di Kecamatan Sijuk, Kepulauan Bangka Belitung. Bahkan sampai kini di lokasi menuju pantai itu masih ada tulisan: “Di sini lokasi syuting film Laskar Pelangi pada tahun 2008.”

Kejar-kejaran mobil yang ditumpangi Zulfani dengan polisi, seperti adegan film. Tapi, akhirnya Zulfani ditahan polisi beneran.

Penulis adalah wartawan senior.