Jamin Keamanan Kota Surabaya, Sat Samapta Polrestabes Surabaya Gelar Patroli

Salah satu bentuk optimalisasi kehadiran Polri di tengah masyarakat, Khususnya Sat Samapta Polrestabes Surabaya, dengan menciptakan berbagai macam cara situasi Kamtibmas di Kota Surabaya aman serta kondusif. 


Kasat Samapta Polrestabes Surabaya Kompol Teguh Santoso, S.E mengungkapkan, untuk patroli setiap hari kita lakukan dan kami selalu siap bergerak dengan cepat untuk melayani Kamtibmas di Kota Surabaya yang tercinta ini. 

"Setiap hari anggota melakukan patroli dengan dua SIP, pada siang maupun pada malam hari untuk mengamankan Kota Surabaya dari gangguan Kamtibmas," jelas Kompol Teguh. 

Kompol Teguh mengatakan, adapun unit yang kita gunakan sekitar enam unit mobil yang siap hadir untuk melayani masyarakat Kota Surabaya dari segala gangguan Kamtibmas. 

"Salah satunya yakni, Patko patroli kota, pola Buddy system dengan mengendarai mobil sedan patroli Samapta  dengan ciri khas menggunakan rompi warna merah hitam Samapta," ungkap Kompol Teguh. 

Kompol Teguh menjelaskan, patroli motor yang biasanya digunakan Patroli Sat Samapta Polrestabes Surabaya, dengan menggunakan sepeda motor yang ciri khas motor yamaha Vixion dan anggota menggunakan rompi merah hitam Samapta.

"Respati Presisi, respon cepat tindak unit yang dibentuk bapak Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Patma Royce, SIK,MH, sebagai pasukan quiks respon yang siap digerakkan melaksanakan tindakan represif terbatas dan penegakkan hukum," tutur Kompol Teguh. 

Lanjut Kompol Teguh, untuk mobil patroli tipiring sebagai Power On Hand khusus Kapolrestabes Surabaya bersama pasukan Anti Bandit Satreskrim Polrestabes Surabaya. Untuk mengamankan Kota Surabaya, dari gangguan Kamtibmas. 

"Adapun ciri khas dari pasukan Respati Presisi biasanya memakai Rompi Kulit warna hitam dengan mengendarai sepeda Motor KLX 250 CC," kata Kompol Teguh. 

Adapun mobil Raimas, pasukan Sat Samapta  yang bertugas mengurai massa pada saat ada Demonstran yang tidak tertib, dan pasukan Raimas mendapat tugas tambahan dalam melaksanakan tugas patroli quiks respon biasanya untuk mempertebal unit patroli di lapangan. 

"Ciri khas dari Raimas ini adalah anggotanya menggunakan rompi tactical anti peluru warna hitam dengan mengendarai sepeda motor KLX 150 CC," papar Kompol Teguh. 

Sambung Kompol Teguh, patroli jalan kaki dan bersepeda serta menggunakan segway dengan sasaran tempat tempat keramaian dan mall serta Pertokoan. 

"Ciri khas unit ini selalu menggunakan rompi merah hitam Samapta," kata Kompol Teguh. 

Kompol Teguh menambahkan, selain itu dalam patroli mengunakan beberapa kendaraan R2 maupun R4 yang setiap hari kita gunakan.

"Anggota Sat Samapta Polrestabes Surabaya, juga mengunakan K9 (Cinane) Patroli yang berkemampuan khusus untuk melaksanakan patroli dan bersahabat dengan masyarakat Kota Surabaya," pungkasnya.