Dua Pecatur Terbaik Indonesia GM Susanto Megaranto dan IM Irene Kharisma Berharap Lolos Piala Dunia 

GM Megaranto Susanto saat bermain melawan pecatur Vietnam GM Le Tuan Minh/RMOLJatim
GM Megaranto Susanto saat bermain melawan pecatur Vietnam GM Le Tuan Minh/RMOLJatim

Dua pecatur terbaik Indonesia di bagian putra maupun putri GM Susanto Megaranto (2532) dan IM Irene Kharisma Sukandar (2390) harus melepas posisi papan atas usai memainkan babak ke-3 dan ke-4 Asia 3.3 Chess Championships 2023 di Ball Room  Hotel Century Senayan, Jakarta, Senin (8/5/2023).


Pada babak ketiga melawan GM Tuan Minh Le (2542) dari Vietnam Susanto Megarfanto hanya menggapai remis. Sedang saat bertemu dengan rekan senegaranya, IM Azarya Jodi Setyaki (2414) juga berakhir remis.

Hal itu membuat angka yang dikumpulkan stabil 3 VP. Strategi yang diterapkan Susanto sebagai pemain senior cukup jitu. Pasalnya ia berharap bisa lolos ke piala dunia yang kelima kalinya.

Tampil disuatu event yang dijadikan babak kualifikasi menuju kejuaraan dunia kata Susanto harus lebih hati hati. Selain tekhnik, strategi bermain juga harus diperhitungkan. Dengan harapan nilai yang dikumpulkan tetap stabil hingga akhirnya memimpin klasemen.

Dengan mengumpulkan 3 VP hingga babak keempat, posisinya berada di urutan ketiga setelah  dengan raihan 3 VP pecatur GM Tuan Minh Le dari Vietnam yang mengumpulkan nilai 3,5 VP, kedua GM Sumiya Bilguun dari Mongolia dengan 3,5 VP.  Membuntuti dengan nilai sama urutan empat hingga lima masing-masing ditempati unggulan utama asal Singapura GM Tin Jingyao (2576) dan Jodi Setyaki.

“Saya sudah empat kali tampil di piala dunia, untuk itu harus berhati hati agar lolos yang kelima kalinya,” tegas Susanto yang tidak mau menganggap remeh lawan, meski yang dihadapi pecatur junior.

Sementara Ketua Umum PB. Percasi GM Utut Adianto mengatakan laga pada babak pertama para pecatur sebagian besar memetik hasil sesuai harapan. 

"Tapi pertandingan masih panjang sampai sembilan babak, kita akan lihat konsistensi mereka,” kata Utut.

“Saya berharap konsistensi itu dapat diperlihatkan karena ajang ini ibarat tentara berpangkat kolonel yang akan naik pangkat menjadi jenderal,” imbuhnya pada Kantor Berita RMOLJatim.

Selain GM Susanto, pecatur putra Merah Putih lainnya GM Novendra Priasmoro (2504) juga sementara mengoleksi 2,5 poin. Di babak keempat GM Novendra harus menyerah kalah dari GM Le Tuan Minh (2542/Vietnam). GM Le Tuan di pagi harinya pada babak ketiga harus bermain remis melawan GM Susanto.

Pecatur muda tuan rumah IM Ervan Muhammad (2404) gagal membuat kejutan ketika harus menghadapi unggulan utama GM Tin Jingyao (2576/Singapura). Kemenangan ini menjadikan Jongyao mengumpulkan 2 poin terus membayangi GM Susanto dan GM Novendra di pimpinan klasemen sementara.

sementara di kelompok putri, harapan Indonesia  IM Irene yang juga mengumpulkan 2,5 poin tidak mampu mmpertahankan posisi pertama yang dipegangnya hingga babak tiga.   

Pada babak 3 meraih setengah point usai bermain remis dengan pecatur Vietnam WGM Vo Thi Kim Phung (2351). Namun saat tampil di babak 4 sore hari Irine gagal meredam pecatur unggulan utama asal Mongolia IM Batkhuyag Munguntuul (2408) sehingga terlempar keurutan empat dan memiliki nilai sama dengan pecatur tuan rumah lainnya Laysa Latifah dan IM Medina Warda Aulia peringkat 5 hingga 6. 

Ajang Asia Zone 3.3 Championhips 20223 akan melanjutkan laga babak kelima pada Selasa (9/5/2023) mulai pukul 10.00 WIB. GM Susanto akan jumpa GM Novendra, sedangkan IM Jodi Setyaki menantang unggulan teratas GM Jingyao. Partai seru akan terjadi dengan dua pimpinan sementara yang sama-sama mengoleksi 3,5 poin, yakni GM Bilguun Sumiya (2474/Mongolia) melawan GM Le Tuan Minh (2542/Vietnam).