Cabor Wushu Jadi Juara Umum di Sea Games Kamboja 2023 

Kemenpora sambut kedatangan atlet Wushu di Bandara Soeta, Tanggerang Banten
Kemenpora sambut kedatangan atlet Wushu di Bandara Soeta, Tanggerang Banten

Menteri Pemuda dan Olahraga Kemenpora RI, Dito Ariotedjo menyambut serta mengapresiasi kedatangan atlet wushu SEA Games 2023. 


Kontingen wushu Indonesia diketahui meraih juara umum di ajang SEA Games 2023 yang diselenggarakan di Kamboja.

Adapun prestasi ini diraih kontingen wushu Indonesia setelah cabang olahraga ini memperoleh 6 medali emas, 6 medali perak, dan 2 medali perunggu.

"Saya ucapkan selamat kepada seluruh atlet wushu dan kita panjatkan puji syukur karena tim wushu membawa pulang 14 medali, saya sangat bangga karena ini adalah kerja keras dan secara keseluruhan berterima kasih karena targetnya 4 medali emas dan capaiannya 150 persen," ujar Dito dalam sambutannya, Sabtu (13/5).

Usai terakhir memperoleh juara umum pada SEA Games 2011 lalu, perolehan medali ini kembali mengantarkan Indonesia sebagai Juara Umum Cabang Wushu pada SEA Games 2023. 

Medali emas SEA Games 2023 cabor wushu diraih oleh Muhammad Daffa Golden Boy, Edgar Xavier Marvelo, Rosa Beatrice Malau, Bintang Reindra Nada Guitara, Laksmana Pandu Pratama, serta Tharisa Dea Florentina.

Selanjutnya, medali perak mampu ditorehkan oleh Edgar Xavier Marvelo, Harris Horatius, Tasya Ayu Puspa Dewi, Eugenia Diva Widodo, dan Samuel Marbun. Sedangkan medali perunggu diraih oleh Seraf Naro Siregar dan Bayu Raka Putra.

Lebih lanjut, Dito, berpesan kepada para atlet untuk selalu tekun berlatih serta terus mempersiapkan diri untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional melalui prestasi di berbagai kompetisi berikutnya.

"Prestasi ini tidak boleh membuat lengah, silakan beristirahat dengan keluarga, namun kita masih ada ASIAN Games di bulan September jadi waktunya sangat sempit, kita harus juga menjaga prestasi, istirahat yang cukup kemudian berlatih lagi. Selamat kepada seluruh atlet, saya bangga," tambahnya.

Pemerintah akan terus memberikan dukungan pelatihan dan program pengembangan dalam mempersiapkan para atlet untuk berlaga di berbagai kompetisi, terutama untuk event terdekat ASIAN Games 2023 mendatang.