Dua OPD Sidoarjo Canangkan Zona Bebas Korupsi, Pj Sekda: Jangan Ada Lagi Perilaku Koruptif 

Penandatanganan janji wujudkan zona integritas dua OPD Pemkab Sidoarjo/Ist
Penandatanganan janji wujudkan zona integritas dua OPD Pemkab Sidoarjo/Ist

Dua organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sidoarjo siap canangkan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi - Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK-WBBM).


Dua OPD tersebut ialah Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sidoarjo dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sidoarjo. 

Komitmen menuju WBK/WBBM ini dibuktikan dengan penandatanganan perjanjian kinerja dua dinas tersebut dengan disaksikan Pj. Sekda Andjar Surjadianto dan Kabag Organisasi serta BKD Sidoarjo di halaman Kantor Disperindag Sidoarjo, Senin (15/05/2023).

Andjar Surjadianto mengatakan, pencanangan zona integritas menuju WBK/WBBM menjadi komitmen Pemkab Sidoarjo dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Pencanangannya sendiri sudah dilakukan sejak tahun 2019. Dan sejak itulah ada beberapa OPD Sidoarjo yang menjadi role model membangun zona integritas menuju WBK/WBBM. 

"Sejalan dengan keinginan besar dari bupati, predikat WBK/WBBM harus lebih banyak disandang OPD. Maka tahun 2023 ini secara masif," katanya. 

Tim penilai internal yang didalamnya ada Inspektorat melakukan upaya campaign yang luar biasa dan salah satunya kepada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan berkomitmen untuk mengikuti kontestasi ini," ujarnya. 

Andjar berharap pencapaian WBK/WBBM ini tidak hanya dilakukan ketika akan ada penilaian saja. Tetapi  harus menghasilkan output yang jelas. 

Pertama layanan masyarakat yang sudah baik sekali, kedua sudah tidak ada lagi perilaku koruptif dengan dibuktikan dengan survei internal yang nanti dilakukan.

"Kemudian nanti kalau memang itu sudah memenuhi standar masuk di nominasi yang ada di Kemenpan lanjut dilakukan survei yang dilakukan oleh Kemenpan," ungkapnya.  

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Edi Kurniadi menyampaikan bahwa saat ini telah memasuki era baru dalam pelayanan publik. Pelayanan pemerintah saat ini menuju Zona Integritas. 

Komitmen bersama mewujudkan zona integritas menuju WBK/WBBM terus dikumandangkan pemerintahan diera sekarang. 

"Marilah kita bersama-sama mensukseskan zona integritas, bukan hanya dilakukan pimpinan saja tetapi juga harus sampai ke bawah," pintanya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sidoarjo Widiantoro Basuki menyampaikan zona integritas menjadi niatan pemerintah dalam mewujudkan reformasi birokrasi. 

"kita dorong bagaimana kita memberikan layanan kepada masyarakat yang terbaik dari yang terbaik, yang jelas nanti ke depan indikator ZI ini harus penuhi di mana kita bekerja dengan penuh tanggung jawab dan amanah," pungkasnya.