Jokowi Bakal Copot Menteri yang Sibuk Nyaleg Ketimbang Bekerja

Presiden Jokowi di acara Puncak Penanaman Mangrove Nasional di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk, Jakarta Utara, Senin (15/5)/RMOL
Presiden Jokowi di acara Puncak Penanaman Mangrove Nasional di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk, Jakarta Utara, Senin (15/5)/RMOL

Menteri Kabinet Indonesia Maju yang maju sebagai calon anggota legislatif dalam Pemilu 2024 tidak boleh tinggalkan tugas utamanya.


"Paling penting tidak melanggar aturan, tidak melanggar undang-undang," kata Presiden Jokowi di acara Puncak Penanaman Mangrove Nasional di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk, Jakarta Utara, Senin (15/5).

"Nyaleg diperbolehkan, tetapi tugas juga tidak boleh ditinggalkan," tegasnya.

Bahkan, Jokowi tak segan-segan melakukan evaluasi terhadap menteri yang nyaleg. Bila terbukti tidak bekerja dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan Jokowi akan mengganti menteri tersebur.

"Nanti akan ada evaluasi, dievaluasi. Kalau memang dirasa mengganggu, diganti, biar konsentrasi pada nyalegnya, misalnya," kata Jokowi dimuat Kantor Berita Politik RMOL.

Sejumlah menteri mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatif, mereka adalah Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, termasuk Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor.