Posyandu Kenanga Desa Somor Koneng Jadi Pilot Project PKM Kwanyar Bangkalan

Posyandu di Desa Somor Koneng, Kwanyar/RMOLJatim
Posyandu di Desa Somor Koneng, Kwanyar/RMOLJatim

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kwanyar, Bangkalan mengadakan kegiatan Gebyar Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Posyandu Kenanga, Desa Somor Koneng, Kecamatan Kwanyar, pada Rabu (17/5).


Kegiatan ini melibatkan sejumlah komponen masyarakat di antaranya, Fatayat, Muslimat NU, PKK, dan Muspika Kwanyar.

Kepala Puskesmas Kwanyar, Moh Toha, mengatakan, kegiatan Posyandu di Desa Somor Koneng ini dijadikan sebagai 'pilot project' yang nantinya akan diikuti oleh desa-desa lain yang ada di wilayah kerja Puskesmas Kwanyar.

Menurutnya, agenda gebyar posyandu sebagai tempat rujukan informasi kesehatan bagi warga yang akan dilakukan berkala setiap bulan. 

"Kegiatan posyandu ini adalah dapat memberikan beragam informasi mengenai kesehatan ibu dan anak, seperti pemberian ASI, MPASI, dan pencegahan penyakit,” ujar Toha kepada Kantor Berita RMOLJatim.

"Selain itu, dapat digunakan untuk memantau tumbuh kembang anak, sehingga anak terhindar dari resiko kekurangan gizi atau gizi buruk, mendeteksi sejak dini bila terdapat kelainan pada anak, ibu hamil, dan ibu menyusui," imbuhnya.

Pada kegiatan Posyandu di Somor Koneng ini, kata Nurul Hidayah, tenaga bidan yang bertugas di desa tersebut, ada 41 balita dan 4 orang ibu hamil.

Ia menyebut sudah melakukan pemantauan gizi anak dan pemberian imunisasi, serta dilakukan pemeriksaan pada ibu hamil.

"Untuk ibu hamil diberikan suplemen berupa FE dan untuk balita diberikan PMT berupa kajang ijo dan buah," ujarnya.

Pelaksanaan Gebyar Posyandu di Somor Koneng dihadiri langsung Kapus Kwanyar Moh. Toha, unsur Muspika, dan Kepala Desa setempat.