Timnas U-22 Raih Medali Emas SEA Games 2023, Erick Thohir: Ini Jadi Titik Awal

Tim U-22 Indonesia mengakhiri penantian 32 tahun untuk meraih medali emas SEA Games/PSSI
Tim U-22 Indonesia mengakhiri penantian 32 tahun untuk meraih medali emas SEA Games/PSSI

Penantian panjang selama 32 tahun telah berakhir. Indonesia akhirnya bisa kembali meraih medali emas sepak bola di ajang SEA Games, setelah terakhir kalinya terjadi pada 1991.


Meski demikian, medali emas SEA Games ini bukanlah akhir perjalanan. Namun justru menjadi titik awal bagi Indonesia untuk menuju level yang lebih tinggi lagi.

"Alhamdulillah, penantian kita selama 32 tahun untuk menyaksikan tim sepak bola Indonesia juara terwujud hari ini. Terima kasih kepada seluruh pemain, pelatih, dan ofisial. Kami persembahkan emas ini bagi seluruh rakyat Indonesia," ucap Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, seusai laga final, Selasa malam (16/5).

"Ini adalah kebanggaan seluruh rakyat Indonesia. Hari ini kita satu, mulai dari penonton di stadion hingga seluruh rakyat pelosok Indonesia yang menyaksikan di layar kaca menyatu bersama pemain di atas lapangan. Satu doa, satu harapan, dan satu kebahagiaan," imbuh Menteri BUMN ini.

Bagi Erick, hasil ini bukan titik akhir. Justru menjadi titik awal perjalanan tim sepak bola Indonesia untuk menggapai asa lebih tinggi.

"Emas SEA Games ini akan menjadi titik awal. Timnas akan terus meningkatkan diri, mengasah kemampuan. Karena target kita bukan berhenti di Kamboja. Tapi Kamboja adalah awal dari perjalanan sepak bola kita untuk menggapai asa yang lebih tinggi di level yang lebih tinggi pula," tutur Erick.

Ditambahkan Erick, sukses ini menjadi bukti sah bahwa Indonesia adalah bangsa tangguh dan mampu bekerja sama demi satu tujuan.

"Hari ini anak-anak Indonesia yang umumnya masih berusia di bawah 22 tahun membuktikan bahwa kita adalah bangsa tangguh, pekerja keras, dan mampu bekerja sama untuk menjadi yang terbaik," tandasnya dimuat Kantor Berita Politik RMOL.

Tim U-22 Indonesia mencetak sejarah dengan kembali meraih emas cabang sepak bola SEA Games 2023 Kamboja. Di laga final yang berlangsung panas dan ketat di Stadion Olimpiade Phnom Penh, Selasa malam (16/5), dihiasi 4 kartu merah untuk pemain, Rizky Ridho dan kolega menaklukkan Thailand dengan skor 5-2 melalui babak perpanjangan waktu.

Indonesia Lolos ke Semifinal SEA Games 2023, Beckham Putra: Siapapun Lawannya, Kami Siap

Indonesia Lolos ke Semifinal SEA Games 2023, Beckham Putra: Siapapun Lawannya, Kami Siap

Inilah emas ketiga bagi Indonesia sepanjang mengikuti SEA Games. Dua medali emas sebelumnya diraih pada SEA Games 1987 dan 1991.