Santri Nusantara Deklarasi, Dari Jombang Gelorakan Anies Baswedan ke Penjuru Negeri

Forum Masyarakat Santri Nusantara (FormasNU) Jawa Timur deklarasi dukung Anies Baswedan/RMOLJatim
Forum Masyarakat Santri Nusantara (FormasNU) Jawa Timur deklarasi dukung Anies Baswedan/RMOLJatim

Forum Masyarakat Santri Nusantara (FormasNU) Jawa Timur menggelar deklarasi dukungan terhadap Calon Presiden, Anies Baswedan. Deklarasi yang dihadiri puluhan orang itu bertempat di hotel Green Red, Jombang, Kamis (18/5).


"Hari ini kita deklarasi Formas-NU Jatim. Kita sengaja memilih Jombang sebagai lokasi, karena Jombang adalah kota santri. Sehingga energi dan spirit kota santri ini kita harapkan bisa maksimal dalam membantu Mas Anies Baswedan," kata Ketua Umum Formas-NU Ahmad Rouf Qusyairi, dikutip Kantor Berita Politik RMOLJatim.

FormasNU merupakan kumpulan para santri yang berjuang untuk kemaslahatan dan memberikan dukungannnya terhadap Anies Baswedan. FormasNU sengaja memilih Jombang sebagai tempat deklarasi wilayah Jatim.

Gus Rouf mengungkapkan, Kabupaten Jombang ini identik dengan kota santri. Selain itu, dari rahim Jombang telah lahir sederet tokoh nasional. Oleh karenanya, dari Jombang, Formas-NU siap menggaungkan nama Anies Baswedan ke penjuru negeri.

Dari deklarasi relawan yang digelar di Jombang, ia berharap menjadi resonansi ke wilayah lain. Terus bergelombang dan berefek positif ke seluruh Indonesia. Menurut Gus Rouf, Jombang adalah kota yang memiliki historis panjang. 

Betapa tidak, lanjut dia, dua bulan setelah kemerdekaan RI, Hadratus Syaikh KH Hasyim Asyari mengeluarkan fatwa resolusi jihad. Tujuannya mempertahankan kemerdekaan dari kolonial Belanda yang ingin kembali menjajah.

Dari Jombang pula Formas-NU ingin menyerap spirit kemanusiaan yang telah dicontohkan oleh KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Yakni, puncak tertinggi dari politik adalah kemanusiaan.

 "Ini tentu selaras dengan konsep trilogi ukhuwah. Persaudaraan sesama muslim, persaudaraan sesama bangsa (Indonesia) dan persaudaraan sesama manusia. Ini yang dijadikan spirit teman-teman Formas-NU," ujar Gus Rouf yang juga merupakan alumni Universitas Darul Ulum Jombang.

Mengapa harus Anies Baswedan? Dia menjelaskan, sosok Anies adalah sosok yang representasi dan sekaligus menginspirasi bagi kalangan santri. Rouf mengklaim bahwa Anies adalah satu-satu bakal calon presiden dari kalangan santri.

"Karena Mas Anies ini pernah menjadi Rektor Universitas Paramadina. Kita semua tahu Paramadina dilahirkan oleh Cak Nur (Nurcholish Majid). Saat orde baru ada tiga tokoh penting yang kritis terhadap negara, yakni Gus Dur, Cak Nur serta Cak Nun. Sekali lagi kita ingin menyerap spirit itu," katanya.

Gus Rouf mengklaim di DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki komitmen kuat terhadap kalangan nahdliyin." Dari situ, ingin kita sampaikan kepada daerah-daerah yang lain, utamanya Jatim dan Jateng. Kedua karena visa perubahan yang digagas oleh Mas Anies," imbuh dia.

Untuk itu, setelah deklarasi Formas-NU Jatim, pihaknya segera membentuk tim dan relawan tiap kabupaten/kota, bahkan hingga unit paling kecil. Tujuannya, menyosialisasikan dan memenangkan Anies Baswedan.

"Jombang itu ijo dan abang (hijau dan merah). Kalau ijo dan abang sudah berkolaborasi dan menyatu memenangkan Mas Anies. Jika sudah demikian maka langit akan membiru cerah, sehingga padi yang menguning bisa kita panen," kata Rouf berfilosofi.

Dalam deklarasi tersebut, selain relawan Formas-NU, juga dihadiri kader partai seperti Nasdem dan PKS (Partai Keadilan Sehjahtera). Bahkan cucu pendiri NU KH Bisri Syansuri, Mu'linah Sohib atau Ming Lina juga hadir.

Deklarasi itu sendiri ditandai dengan pengucapan ikrara pemenangan untuk Anies Baswedan secara bersama-sama.

Saat deklarasi, Rouf didampingi Ketua Formas-NU Jatim Ahmad Faqih dan Ketua Formas-NU Jombang M Baidowi. Para pengurus berbaris di belakangnya. Semuanya mengenakan rompi bergambar Anies Baswedan dengan tulisan FormasNU #ABW 2024.