Ning Ita Inginkan Masyarakat Kota Mojokerto Berperilaku CERDIK

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari/IST
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari/IST

Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto menggelar seminar kesehatan untuk memperingati Hari Hipertensi Sedunia yang yang jatuh tanggal 17 Mei. 


Seminar kesehatan dengan tema Sayangi Diri dan Keluarga Kita dengan Cara Mencegah dan Mengendalikan Hipertensi serta Berperilaku CERDIK Untuk Hidup Lebih Lama diikuti sebanyak 250 orang dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkot Mojokerto, anggota Kodim 0815/Mojokerto, Denpom V/2 Mojokerto dan Korem 082/CPYJ.

Seminar kesehatan dilaksanakan di Hall Prajna Wijaya, lantai IV Mal Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada, Jumat (19/5/2023) dengan narasumber dr. Adityo Baskoro, SP. JP dari RSUD dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dalam sambutannya mengharapkan agar para penderita hipertensi tetap produktif, salah satunya dengan berperilaku CERDIK, akronim dari Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stres.

"Produktifitas sangat penting, jangan sampai hipertensi di usia produktif menjadi menurun produktifutas. Karena itu Pemkot memberikan fasilitasi kepada masyarakat di Kota Mojokerto untuk hidup lebih sehat, agar tidak sampai ada penyakit lanjutan," ujar Ning Ita, sapaan akrab Wali Kota Mojokerto.

Ning Ita juga berharap penderita hipertensi untuk disiplin menerapkan pola hidup sehat agar tetap bisa produktif serta terhindar dari adanya penyakit lanjutan akibat hipertensi. 

"Jika kita mampu berkomitmen yang kuat ke arah yang lebih baik, dengan menerapkan pola hidup sehat. Insyallah akan ada jalan untuk lebih sehat. Merawat tubuh agar tetap sehat adalah satu bentuk syukur kita kepada Allah SWT,"lanjutnya.

Sisi lain dari seminar kesehatan, Pemkot Mojokerto melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DinkesPPKB) juga memfasilitasi cek kesehatan gratis serta rekam jantung gratis bagi peserta seminar. 

Ning Ita juga memberikan reward kepada sejumlah ASN yang rutin mengikuti Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) ASN di Lingkup Pemkot Mojokerto. (Adv).