IPSI Lamongan Berkontribusi Bangun Kondusifitas Kamtibmas

POTO : Bupati Lamongan Yuhronur Efendi diacara pengukuhan IPSI Kabupaten Lamongan/RMOLJatim
POTO : Bupati Lamongan Yuhronur Efendi diacara pengukuhan IPSI Kabupaten Lamongan/RMOLJatim

Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kecamatan se Kabupaten Lamongan periode 2023-2027 resmi dikukuhkan oleh Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Lamongan Debby Kurniawan, di gedung Lamongan Sport Center, Minggu (21/5)


Menjadi salah satu cabang olahraga beladiri yang lekat akan prestasi, IPSI Lamongan juga diwajibkan untuk memberikan kontribusi dalam membangun kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kabupaten Lamongan. 

Hal tersebut dituturkan oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat memberikan arahan kepada pengurus yang baru saja dilantik. 

Menurut Buapati Lamongan Yuhronur Efendi yang akrap disapa pak Yes.  Kabupaten Lamongan sudah masuk kriteria kondusif dengan capaian indeks kesalehan sosial yakni 86,77%, dimana dalam mengukur indeks kesalehan sosial tersebut terdapat indikator kerukunan masyarakat. Maka dari itu, IPSI harus mampu mempertahankan bahkan meningkatkan kondisi tersebut.

"IPSI harus mampu menggeser stigma pencak silat membawa keresahan pada masyarakat menjadi siap siaga memberikan kondusifitas Kamtibmas pada masyarakat. Karena kemampuan bela diri yang dimiliki merupakan martabat yang harus diarahkan pada kegiatan positif,"  tutur Bupati yang akrab disapa Pak Yes dikutip Kantor Berita RMOL jatim .

Lanjut  Pak Yes memberikan tips terkait keberhasilan menjaga kondusifitas Lamongan, yakni dengan menyamakan pandangan bahwa IPSI Lamongan yang terdiri dari 23 perguruan pencak silat dengan 567 anggota merupakan kepentingan bersama bukan ajang untuk adu kekuatan pribadi.

Sementara  Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Lamongan Debby Kurniawan ia menegaskan, setelah pelantikan pengurus secara non formal yang dilaksanakan pada awal tahun 2023, IPSI Lamongan telah merealisasikan kegiatan sosial hingga menyusun rencana persiapan hadapi Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur tahun ini dengan melaksanakan seleksi disetiap kecamatan.

"IPSI tahun ini berupaya untuk meningkatkan prestasi pada Porprov maupun event pencak silat lainnya, karena tahun lalu kami berhasil membawa pulang 2 medali. Persiapan sudah kita siapkan dengan mengadakan seleksi disetiap kecamatan," terang Debby.