Menuju Piala Dunia 2038, Marciano Norman: Diawali dari Pembinaan Sepakbola Usia Muda

Para pengurus KONI Pusat/Ist
Para pengurus KONI Pusat/Ist

Sepakbola Piala Bergilir Ketua Umum KONI Pusat ke IV di Jakarta tahun 2023, akan menghadirkan pelatih Shin Tae Yong atau Indra Sjafri yang berhasil membawa  Timnas U22 meraih medali emas di SEA Games 2023 Kamboja. 


Hal itu disampaikan Ketua Penyelenggara Pusat dari Insan Peduli Olahraga (IPO) Taufik Panji Alam dalam keterangannya, Kamis (25/5).

"KONI akan mengadakan coaching klinik dengan menghadirkan Pelatih Nasional Shin Tae Yong atau Indra Sjafri yang akan saya usulkan kepada PSSI," katanya di depan para pelatih asal SSB.

Menurut Taufik, hal ini merupakan wujud nyata KONI dalam mendukung pembinaan sepakbola menuju pentas Piala Dunia 2038 mendatang.

Hal senada disampaikan Ketua Umum KONI Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman. Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada seluruh penyelenggara yang akan membantu memeriahkan event nasional ke IV tahun ini. 

Menurut Marciano, dengan menggelar coaching klinik dari pelatih asing, maka setiap akademi akan mendapat edukasi dan tambahan materi.

"Tentu KONI hadir dalam membangun pemain daerah mulai dari akar rumput pembinaan sepakbola untuk selanjutnya dikembangkan menjadi prestasi," ujar Marciano di Kantor KONI Pusat Senayan, Jakarta.

Di tempat yang sama, legenda pemain nasional era 90an, Herman Pulalo mengatakan, dengan KONI Pusat menggelar event nasional, tentu banyak manfaat yang bisa diambil. 

"Peserta tidak hanya bermain untuk melihat hasil dari kemenangan atau kekalahan, tetapi pelatih juga bisa mendapatkan edukasi dan sertifikasi sebagai pelatih nasional dari KONI Pusat. Semoga ajang ini menjadi cikal bakal kemajuan Sepakbola Indonesia," kata Herman.