Pertemuan Sekda Bondowoso dan Situbondo, Bincang Inovasi Kedua Kabupaten

Foto : Sekda Situbondo dan Bondowoso/ RMOLJatim 
Foto : Sekda Situbondo dan Bondowoso/ RMOLJatim 

Langkah sinergis dilakukan oleh pemerintah kabupaten Bondowoso dengan Situbondo untuk menjalin perjanjian kerja sama (PKS), Rabu (31/5) di ruang Shaba Bina Praja 1 Bondowoso.


Pertemuan tersebut diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) kedua kabupaten yakni Bambang Sukwanto sekda Bondowoso dan Wawan Setiawan sekda Situbondo.

Wawan Setiawan menyampaikan bahwa perjanjian kerjasama tersebut merupakan ikhtiar dari pemerintah kabupaten Situbondo dan kabupaten Bondowoso dalam rangka membudayakan inovasi .

'Kita tahu bahwa tujuan inovasi itu adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga ini menjadi satu kebutuhan kami di pemerintah daerah dan tentunya untuk percepatan ini bisa direplikasi artinya," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dikatakan bahwa inovasi di masing-masing daerah itu berbeda ada yang sama ada yang berbeda tapi kebanyakan berbeda-beda .

"Berdasarkan perbedaan tentunya ketika akan dibudidayakan di daerah itu yang menjadi kebutuhan, nah kita tinggal melakukan replikasi itu sehingga yang bagus dan berkembang serta memberikan dampak yang luas kepada masyarakat," paparnya.

Dijelaskan bahwa inovasi yang ada di Bondowoso misalkan ternyata di Situbondo belum ada, nantinya akan diaplikasikan.

"Pada intinya saling bekerja sama, perjanjiannya secara spesifik, secara umum semua inovasi yang ada di daerah masing-masing itu pada prinsipnya bisa dilakukan replikasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing jadi ini hanya pintu masuk nanti secara detailnya masing-masing," urai mantan kepala BKD Bondowoso ini.

Diharapkan nantinya masing-masing kan punya hak dan kewajiban yang sama hak untuk mendapatkan akses data, hak untuk pendampingan, melakukan replikasi .

Adapun PKS mengacu pada inovasi yang terkait dengan pelayanan publik pasalnya semuanya serba mengunakan aplikasi.

Selain itu kata Wawan ,PKS tersebut juga yang terkait dengan tata kelola pemerintahan baik dari Bondowoso maupun dari Situbondo.

"Contoh di kami ada pengembangan Padi BK 01 dan BK 02, aktivitas unggul yang usia tumbuhnya 85 hari saja, nanti bisa dilihat juga manfaatnya banyak untuk masyarakat," tuturnya.

Ditempat yang sama Sekda Bondowoso Bambang Sukwanto menambahkan bahwa PKS tersebut merupakan langkah awal dalam menjalin kerjasama di bidang inovasi .

"Spesifik dan lebih detilnya belum,nanti akan diatur secara teknis,jadi ini merupakan langkah awal menjalin kerjasama," pungkasnya.