Peluncuran Aplikasi Deliwafa, Meomen UMKM Surabaya Menuju Go Global

Tom Liwafa/ ist
Tom Liwafa/ ist

Pengusaha muda Tom Liwafa terus bergeliat membantu meningkatkan perekonomian UMKM Surabaya, termasuk mengajak mereka berpartisipasi dalam acara Deliwafa Festival yang digelar di Royale Durian Jalan Ir Soekarno Surabaya. Minggu malam (4/6)


Ada puluhan UMKM Surabaya dan sekitarnya, diajak Tom Liwafa menampilkan produknya di acara Deliwafa Festival yang merupakan peluncuran aplikasi Deliwafa.

Tom Liwafa menerangkan, aplikasi Deliwafa untuk titik awal bertujuan untuk membantu dan membina penjahit lokal mendapatkan pembeli.

"Hari ini kita bikin aplikasi, disitu (Deliwafa) jadi UMKM tersebut itu bisa berintegritas dengan kita, bersinergi dengan kita. Di mana nanti kita banyak membantu penjahit yang kemudian kesulitan memasarkan, jadi kita pasarkan," ucapnya.

Tom menjelaskan, aplikasi yang dibuatnya tersebut merupakan langkah konkret membantu UMKM sesuai kemampuannya daripada hanya sekedar wacana saja. Namun untuk pelaku usaha lainnya di luar fashion juga akan dibantunya dengan langkah lain.

"Saya daripada berjanji-janji lebih, saya realisasikan," tegasnya.

Selain menjadi wadah penjahit memasarkan produknya melalui aplikasi ini, Tom menyebut aplikasinya kalau bisa mendunia, dan ide yang dilakukan harus realistis dan menjadi solusi atas permasalahan penjahit lokal mencari pasar.

"Pasti kita inginnya go global, cuma kan ide ini harus realistis artinya masih ada proses. Diharapkan aplikasi ini dapat membantu penjahit yang kesulitan untuk menyetorkan barang kepada siapa, Deliwafa solusinya," pungkasnya.

Peluncuran aplikasi ini selain diwarnai dengan beberapa UMKM yang membuka stan tanpa dipungut biaya, juga diramaikan penampilan artis Gilga Sahid dari Gildcoustic yang sedang naik daun.