Hindari Penyakit, Ning Sasha Dorong Orangtua Lakukan 5 Dasar Imunisasi Lengkap

Sa'adah Ahmad Muhdlor alias Ning Sasha/RMOLJatim
Sa'adah Ahmad Muhdlor alias Ning Sasha/RMOLJatim

Ketua Tim Penggerak PKK Sidoarjo Sa'adah Ahmad Muhdlor alias Ning Sasha mengingatkan pentingnya imunisasi dasar lengkap bagi anak-anak. 


Dengan imunisasi lengkap, kata Ning Sasha dapat menghindari berbagai penyakit yang dapat mempengaruhi proses pertumbuhan balita.

"Dengan imunisasi kita akan melindungi buah hati kita dari berbagai macam penyakit, seperti difteri, polio, campak, tuberkulosis, sehingga anak bisa tumbuh sehat dan maksimal,” kata Ning Sasha saat sosialisasi Lima Imunisasi dasar Lengkap (LIL) di Balai Desa Tulangan Sidoarjo, Kamis (8/6). 

Disamping itu, sosialisasi yang diikuti kader PKK, istri Bupati Sidoarjo itu menyampaikan dengan imunisasi lengkap diharapkan dapat menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). 

Oleh sebab itu, peran aktif kader PKK dan Posyandu sangat penting untuk mengajak dan mendorong ibu-ibu agar memberikan imunisasi lengkap kepada buah hatinya.

"Melalui peran aktif kader PKK, saya mengharapkan dapat menggerakkan orang tua yang memiliki balita untuk membawa anak-anak mereka ke tempat pelayanan kesehatan terdekat guna mendapatkan imunisasi dasar lengkap," ujarnya.

Ning Sasha menyebut pemberian imunisasi dasar lengkap pada balita sebagai kewajiban. Pasalnya balita memiliki imunitas tubuh yang belum kuat. 

Ia mengaku prihatin jika saat ini masih banyak orang tua mengabaikan pentingnya imunisasi dasar lengkap terhadap anak-anak mereka. 

“Saat ini di Indonesia masih ada anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi secara lengkap bahkan tidak pernah mendapatkan imunisasi sedari lahir, hal itu menyebabkan mereka mudah tertular penyakit berbahaya karena tidak adanya kekebalan terhadap penyakit tersebut," ujarnya. 

Menurut Ning Sasha salah satu penyebab meningkatnya kasus AKI dan AKB adalah abai terhadap imunisasi. Oleh karenanya dibutuhkan kerja keras bersama untuk meyakinkan setiap orang tua bahwa imunisasi dasar lengkap itu dapat mencegah anak-anak dari berbagai penyakit. 

“Imunisasi rutin merupakan program pemerintah yang berarti masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan vaksin-vaksin dasar tersebut,” ucapnya. 

Dalam kesempatan itu ia juga mengajak kader PKK untuk tetap semangat dan kreatif dalam mengampanyekan program imunisasi seperti ini. 

Ia meminta anggotanya untuk tidak lelah mengedukasi ibu-ibu yang memiliki anak kecil agar membawa buah hatinya ke tempat pelayanan kesehatan untuk mendapatkan imunisasi. 

“Saya mengajak semua pihak dari tingkat kabupaten hingga desa dan kelurahan untuk mengedukasi ibu-ibu yang memiliki anak kecil agar membawa anak-anak mereka ke tempat pelayanan kesehatan untuk mendapatkan imunisasi dan tidak mudah terpengaruh isu-isu negatif yang tidak tepat mengenai imunisasi," pungkasnya. 

Dalam kegiatan sosialisasi pagi tadi dihadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Sidoarjo serta RSUD Sidoarjo Barat dan Pengurus Pokja IV TP PKK Sidoarjo.