Terlibat Terorisme, Arab Saudi Eksekusi Mati Warga Mesir

Ilustrasi eksekusi mati/Net
Ilustrasi eksekusi mati/Net

Pemerintah Arab Saudi menjatuhkan hukuman mati terhadap seorang pria asal Mesir dan empat pria lokal dalam kasus terorisme.


Dalam sebuah pernyataan pada Selasa (4/7), Kementerian Dalam Negeri Saudi menyebut para tersangka dinyatakan bersalah karena bergabung dalam kelompok teroris dan berusaha menyerang tempat ibadah.

"Kelima orang itu dijatuhi hukuman karena melakukan serangan yang menewaskan lima warga dan beberapa lainnya luka-luka di wilayah timur Saudi," ujar Kemendag, namun tidak menyebut kapan serangan itu terjadi.

Sejak Raja Salman berkuasa pada 2015 dan kenaikan putranya Mohammed Bin Salman (MBS) sebagai penguasa de facto kerajaan, Arab telah mengeksekusi mati lebih dari 1.000 orang.

Tahun lalu, Arab Saudi mengeksekusi 147 orang, 81 di antaranya pada hari yang sama, yang memicu kemarahan internasional.

Menurut perhitungan AFP, sejak awal Mei lebih dari dua puluh orang telah dieksekusi karena terorisme, kebanyakan dari mereka adalah penganut Syiah yang tinggal di wilayah Timur Saudi.