Warga Surabaya Puas Terhadap Kinerja Eri-Armuji

Teks foto: Kepuasan warga Surabaya terhadap kinerja Eri-Armuji/RMOLJatim
Teks foto: Kepuasan warga Surabaya terhadap kinerja Eri-Armuji/RMOLJatim

Kepemimpinan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi dan Wakilnya, Armuji telah berjalan selama lebih dari 2 tahun hingga saat ini. 


SSC melalui survei kali ini menemukan bahwa kepuasan masyarakat Surabaya terhadap kinerja pasangan ini menunjukkan hasil memuaskan dengan angka kepuasan yang signifikan. 

Hasil riset yang dilakukan Surabaya Survey Center (SSC) menunjukkan sebanyak 89,2 persen masyarakat Surabaya yang menjadi responden menyatakan puas terhadap kinerja Wali Kota Surabaya, sementara itu sebanyak 86,1 persen mengaku puas terhadap kinerja Wakil Wali Kota Surabaya Armuji.

Peneliti Senior SSC, Ikhsan Rosidi mengungkapkan dari keseluruhan responden hanya 9 persen yang tidak puas dengan kinerja Eri, dan sisanya 1,8 persen menyatakan tidak tahu/tidak menjawab. 

Sementara, responden yang tidak puas terhadap kinerja Armuji menunjukkan angka 12 persen, sisanya 1,9 persen menyatakan tidak tahu/tidak menjawab. 

“Ini adalah potret menarik berkaitan dengan Kinerja Pemerintah Kota Surabaya. Angka tingkat kepuasan yang tinggi menunjukkan apresiasi warga Surabaya terhadap keberhasilan Eri-Armuji selama 2 tahun terakhir dalam menata dan memperbaiki kota dan penduduk Surabaya baik secara fisik maupun non fisik. Keberhasilan ini juga tidak terlepas dari kemampuan Eri-Armuji dalam menggugah dan memobilisasi kesadaran warga Surabaya untuk terlibat aktif dalam proses pembangunan Kota Surabaya,” jelas Ikhsan dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at (14/7).

Lebih lanjut, Ikhsan menambahkan hasil ini selaras dengan perkembangan Kota Surabaya yang selama dipimpin Eri-Armuji bahwa sebanyak 77,7 persen responden mengatakan Kota Surabaya semakin baik, dan sebanyak 19,3 persen menyatakan sama saja. 

"Namun demikian, ada pula sebanyak 0,9 persen responden yang menyatakan bahwa Kota Surabaya semakin buruk, dan sisanya 2,1 persen menyatakan tidak tahu/tidak menjawab", pungkasnya.

Sebagai informasi, SSC adalah salah satu lembaga survei yang bernaung dibawah Asosiasi Survei Opini Publik Indonesia (ASOPI) dan aktif dalam berbagai kegiatan riset opini publik sejak 16 tahun lalu, tepatnya sejak 7 Juli 2007. 

Hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 20 - 30 Juni 2023 di 31 Kecamatan Kota Surabaya. 

Sebanyak 1.200 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. 

Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.