Sumber Perekonomian Baru, BTN Buka Cabang di Soreang

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk melakukan ekspansi dengan membuka Kantor Cabang Pembantu di Soreang, Kabupaten Bandung.


Pembukaan cabang di Soreang jni untuk menggarap peluang pertumbuhan dari sektor properti dan UMKM di wilayah tersebut. 

"Pembukaan jaringan kantor tersebut juga untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat Kabupaten Bandung dalam memiliki hunian layak dan terjangkau," kata Kepala Kantor Wilayah 1 Bank BTN Benjamen Sihombing usai peresmian KCP BTN Soreang di Soreang, Senin (17/7). 

Dia mengatakan, Kabupaten Bandung menjadi daerah penting bagi pertumbuhan perekonomian di Jawa Barat. Di sektor properti saja, lanjutnya, kabupaten ini mencatatkan pertumbuhan normal lebih dari 30% di wilayah Jawa Barat. 

“Kehadiran Kantor Cabang Pembantu (KCP) Soreang juga menjadi upaya Bank BTN untuk mendekatkan diri kepada masyarakat Kabupaten Bandung. Terutama untuk mengakses Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Sehingga mudah memiliki rumah dan mengakses kredit lainnya,” jelas Benjamen.

Menurut dia, ekspansi perseroan di Soreang juga menjadi langkah untuk mendongkrak capaian Bank BTN di Jawa Barat. 

"Kalau kita lihat dari sisi BTN Kanwil I Jabar dari sisi target kita untuk tahun ini tetap bertumbuh sekitar 15%. Kedua, kita harus punya strategi untuk mengembangkan semua daerah, utamanya saat ini kita kalau di Kabupaten Bandung ini kita anggap daerah pertumbuhan baru," kata Benjamen.

Dengan hadirnya KCP BTN Soreang ini, Benjamen juga berharap dapat menjadi wadah kolaborasi dengan para pelaku usaha properti dan asosiasi. "Asosiasi pengembang di sini kami lihat di sini sudah berkembang, utamanya ada REI, Apersi, Himpera itu sudah berkembang. Ini menjadi stimulator kita menjadi mitra kita untuk berkembang," jelas dia.

Selain itu, dia juga berharap pemerintah daerah ikut berperan aktif untuk membuka ekosistem bisnis properti yang lebih baik. Terlebih, Benjamen melihat dalam lima hingga 10 tahun mendatang, Kabupaten Bandung bakal menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru layaknya Bodetabek terhadap Jakarta pada tahun 1980-an lalu.

"Saya melihat untuk 10 tahun ke depan, Soreang ini menjadi daerah pertumbuhan utama untuk Jawa Barat. Karena infrastruktur kita sudah ada, jalan sudah ada, teknologi ada, saya kita itu. Tinggal kita bagaimana serius mengembangkan dunia properti," kata Benjamen.

Selain sektor properti yang menjadi fokus utama Bank BTN, sektor pembiayaan terhadap pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pun tak ingin dilewatkan. Sehingga ia berkomitmen bisa menyalurkan lebih banyak Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan kredit permodalan lainnya untuk mendorong pertumbuhan UMKM di Kabupaten Bandung. "Selain properti, Bank BTN juga mendukung UMKM di sini, salah satunya adalah dengan KUR, kredit modal kerja, ini jadi andalan kita untuk mendukung perekonomian di Kabupaten Bandung," kata dia.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Cakra Amiyana menilai hadirnya Bank BTN di Kabupaten Bandung bisa mengakselerasi pertumbuhan bisnis di wilayahnya yang memang memiliki banyak perumahan subsidi. "Saya kita ke depan saya berharap Bank BTN bisa menghadirkan banyak program yang bisa menguntungkan untuk masyarakat Kabupaten Bandung," jelas dia.

Dia pun berharap Bank BTN terus bersama dengan Pemerintah Kabupaten Bandung untuk membangun perekonomian yang saat ini terus tumbuh pasca Covid-19 lalu.