Bupati Blitar Komitmen dan Serius Tekan Angka Stunting

Bupati Blitar Rini Syarifah/Ist
Bupati Blitar Rini Syarifah/Ist

Bupati Blitar Rini Syarifah mengajak semua pihak untuk lebih serius dan berkomitmen dalam percepatan penurunan stunting.


Hal tersebut disampaikan Bupati Rini dalam momentum Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tahun 2023.

"Peran keluarga sangat penting untuk menekan angka stunting karena keluarga merupakan merupakan institusi terkecil dalam membentuk karakter individu sejak dini," kata Bupati Rini dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (24/7).

Bupati juga menyebut peran orang tua dalam pengasuhan anak juga penting demi menghindari resiko pernikahan dini yang berujung pada stunting yang saat ini sedang marak terjadi.

"Peran keluarga, khususnya orang tua dalam pengasuhan anak sangatlah penting, karena stunting merupakan ancaman besar kualitas generasi penerus bangsa," ujarnya.

Dia menjelaskan, stunting menjadi salah satu masalah yang harus diselesaikan bersama-sama.

"Karena, jika hanya mengandalkan peran pemerintah saja tidaklah mampu, sehingga perlu berkolaborasi bersama lintas sektor," katanya.

Selain itu, Bupati Rini juga mengajak Komunitas Kampung Keluarga Berkualitas untuk ikut serta menanggulangi kasus stunting di Kabupaten Blitar.

Pasalnya, Komunitas Kampung Keluarga Berkualitas merupakan garda terdepan di lingkungan masyarakat untuk menekan angka stunting.

"Melalui Kampung Keluarga Berkualitas, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap peran sertanya dalam percepatan penurunan stunting," pungkasnya. (Adv)