Jelang Jabatan Jumat Berkah, Hadi Sasmito Akhirnya Terpilih dan Dilantik jadi Sekda Jember 2023

Foto: Dokumen Pemkab Jember
Foto: Dokumen Pemkab Jember

Bupati Jember, Hendy Siswanto, melantik dan mengambil sumpah jabatan terhadap Hadi Sasmito, sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jember, Jumat, 28 Juli 2023. 


Mantan Kepala Badan Perencanaan pembangunan Daerah ( Bapeda) Kabupaten Jember ini, terpilih sebagai sekda setelah lolos 3 besar dalam Open Bidding Sekdakab 2023. Selain itu, 3 ketiganya sudah mendapatkan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sama-sama memiliki kwalifikasi dan layak sebagai sekda. 

"Benar pak Hadi Sasmito, telah dilantik oleh Bupati sebagai Sekda Kabupaten Jember, Jumat pagi, sekitar pukul 09.00 WIB," ucap Kepala Badan Kepegawaian dan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Pemkab Jember, Sukowinarno, dikutip Kantor Berita RMOLJatim,"Jumat (28/7).

Dengan pelantikan tersebut, sejak Jum'at hari ini, Kabupaten Jember, sudah memiliki sekda definitif, yang sebelumnya diisi Plt Sekdakab Jember, Arief Cahyono, sekitar 10 bulan. Dengan demikian, legalitas dalam penyelenggaraan pemerintahan lebih bagus dari PLt atau PJ. 

Diketahui, Plt Sekda, Arief Cahyono, Juda dilantik  dan pengambilan sumpah tersebut berlangsung di Pendopo Wahyawibawagraha, Jumat 14 Oktober 2022. Arief Tjahjono menggantikan Sekda definitif sebelumnya, Mirfano yang telah purna tugas dengan pengajuan masa persiapan pensiun (MPP) yang disetujui Bupati Jember Hendy Siswanto pada 12 September 2022 lalu.

"Ini adalah hasil serangkaian seleksi terbuka (Open Bidding) Jabatan Pratama sekdakab Jember, yang diakhiri dengan pelantikan. Pelantikan sekda ini, dilakukan sebelum dilakukan Perubahan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (P-APBD) tahun 2023," katanya.

Sementara wakil ketua DPRD Jember, Ahmad Halim, menyampaikan selamat atas pelantikan sekda yang baru hasil open Bidding tahun 2023 ini. Selamat bertugas dan melaksanakan amanah sebagai sekda.

"Sebagaimana disampaikan Bupati, kedepan masih banyak agenda -agenda yang harus dilakukan konsolidasi, agenda terdekat dan mendesak adalah P - APBD Kabupaten Jember tahun anggaran 2023," katanya.

Dia menjelaskan, Sekda sekaligus sebagai ketua Tim anggaran pemerintah daerah Kabupaten Jember, yang harus menghitung kembali perubahan anggaran APBD tahun 2023. 

"Ini sesuai surat edaran dari menteri keuangan untuk mengalokasikan anggaran Pilkada 2024, karena tahapannya, sudah dimulai bulan September 2923," katanya.

Sebelumnya, 3  kandidat Sekda lolos 3 besar direkomendasikan ke KASN, yaitu, Kepala Disnaker Jember,  Bambang Rudianto, Kepala Kesbangpol Jember Edy Budi Susilo, dan Kepala Bapenda Jember, Hadi Sasmito.