Orang Muda Ganjar Gelar Pelatihan Daur Ulang Limbah Menjadi Sabun di Blitar

Pelatihan daur ulang
Pelatihan daur ulang

Orang Muda Ganjar (OMG) menyelenggarakan sebuah pelatihan kreatif yang bertema mengolah limbah menjadi sabun multifungsi di Guest House Faras, Desa Kauman, Kec. Srengat, Kab. Blitar, Prov. Jawa Timur, Jumat (28/7).


Ketua OMG Kota Blitar, M. Saiful Rohman menjelaskan pelatihan ini bertujuan untuk mengajarkan keterampilan membuat sabun detergen kepada kaum milenial dengan memanfaatkan limbah sehari-hari. 

Sabun yang dihasilkan dari pelatihan ini berfungsi untuk mencuci pakaian dan membersihkan peralatan dapur seperti mencuci piring.

"Kami mengadakan pelatihan membuat sabun multifungsi. Harapannya teman-teman milenial bisa memanfaatlan bahan limbah salah satunya bisa menjadi detergen," kata Saiful di lokasi. 

Kegiatan ini didukung oleh narasumber yang kompeten di bidangnya dan merupakan hasil kolaborasi OMG dengan Forum Silatul Afkar, Gerakan Pemuda Kecamatan Srengat, dan karang taruna.

Sabun yang dihasilkan dalam pelatihan ini menggunakan limbah minyak goreng, air pembusa, zat pewarna, air campuran, dan bahan-bahan lainnya yang sudah didaur ulang. Saiful menegaskan bahwa produk sabun yang dihasilkan telah melalui uji keamanan sehingga aman digunakan.

"Peserta diajarkan tentang bahan-bahan yang digunakan dan proses pengolahannya hingga menjadi sebuah produk," jelas Saiful.

Dengan pelatihan ini, Saiful berharap para peserta, terutama kaum milenial dapat membuat sabun dengan kreativitas mereka sendiri untuk digunakan di rumah, sekaligus berpotensi memperjualbelikannya, sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomi bagi para peserta.

"Bukan hanya untuk pemakaian pribadi, namun juga diharapkan dapat membantu meningkatkan taraf hidup dan ekonomi mereka," imbuhnya.

Saiful menambahkan, pelatihan ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat positif bagi lingkungan, tetapi juga memberdayakan kaum muda dalam menciptakan produk-produk ramah lingkungan yang dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, OMG turut memberikan bantuan peralatan dan bahan untuk membuat sabun kepada kaum milenial di wilayah tersebut. 

Peserta dari kalangan milenial di Blitar sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Salah satu peserta, Awaludin menyatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi mereka.

*Dukungan Kaum Muda untuk Ganjar*

Saiful menegaskan bahwa Ganjar Pranowo sudah dikenal oleh kaum muda di Blitar.

Ganjar dinilai sebagai sosok yang memahami kebutuhan dan aspirasi generasi muda, sehingga mendapatkan dukungan kuat dari kalangan milenial di Blitar untuk menjadi Presiden pada periode 2024-2029.

Awaludin juga menegaskan bahwa antusiasme kaum milenial terhadap Ganjar sangat tinggi dan mereka berharap Ganjar dapat memimpin Indonesia dengan visi dan inovasi yang memajukan bangsa ke depan.