Peran Guru PAUD Dianggap Penting, Wali Kota Malang: Kemampuan Harus Terus Ditingkatkan

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji saat di hadapan para guru PAUD/Ist
Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji saat di hadapan para guru PAUD/Ist

Peran guru jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk mendidik anak-anak di usia emas itu dianggap sangat penting oleh Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji. Maka dari itu kemampuan para tenaga pendidik diharapkan harus terus ditingkatkan. 


"Terima kasih atas perannya selama ini yang  sangat luar biasa dalam mendukung kemajuan pendidikan di Kota Malang. Namun, kemampuan para tenaga pendidik harus terus ditingkatkan, pasalnya peran guru PAUD untuk mendidik anak-anak di usia emas itu sangat penting," ujarnya saat menjadi pembicara utama dalam kegiatan yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang di Gedung Islamic Center (IC), Rabu (2/8).

Dalam kegiatan materi 'Menghadirkan Pendidikan Anak Usia Dini yang Menyenangkan Sesuai Fitrah Anak' tersebut, H. Sutiaji para guru PAUD diajak untuk memahami lebih dalam tentang kurikulum Merdeka Belajar. 

"Anak usia dini adalah periode usia emas, fase saat otak anak akan tumbuh dengan dan berkembang dengan pesat sehingga informasi apapun mudah diserap. Di masa ini anak juga suka meniru tingkah laku orang di sekelilingnya. Maka dari itu, para tenaga pendidik harus memberikan keteladanan yang baik," tandasnya. 

Ia pun juga menyampaikan, dalam mendukung pendidikan di tingkat PAUD ini Pemerintah Kota Malang telah mengusulkan kenaikan honorarium guru PAUD. 

"Perjuangan guru PAUD sangat luar biasa, mengemban amanah untuk memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anak usia dini. Apabila saat ini honor guru PAUD adalah enam ratus ribu per bulan, di tahun 2024 mendatang honor guru PAUD di Kota Malang menjadi Rp1 juta. Dan itu sudah disetujui anggarannya, besarannya sekitar Rp 31 miliar di tahun 2024,” pungkas H. Sutiaji.[adv]