Zulkifli Hasan, Figur Kunci PAN Jadi Parpol Papan Atas

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan/Net
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan/Net

Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi salah satu partai politik yang diyakini akan masuk jajaran klasemen papan atas pada Pemilu 2024. Kuncinya, adalah figur Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.


Pengamat politik Universitas Indonesia, Ade Reza Hariyadi menilai, Zulkifli Hasan menjadi kunci karena kemampuannya bekerja efektif dalam menjalankan kepercayaan sebagai Menteri Perdagangan di Kabinet Indonesia Maju.

Sebagai menteri yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat, kata Ade, Zulhas potensi memberikan nilai tambah elektoral pada PAN dalam menyongsong Pemilu 2024.

"Ada penyebab mengapa elektabilitas PAN itu bisa meningkat, salah satunya faktor ketua umum  yang efektif memanfaatkan posisinya di pemerintahan," kata Ade kepada wartawan, Minggu (6/8).

Sentimen positif pada Zulhas, sambungnya, tidak lain karena keberhasilan melaksanakan mandat Presiden Jokowi dalam menstabilkan harga komoditas pangan.

"Untuk membangun sentimen positif pemilih dan ini sejalan dengan tingginya kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah saat ini," pungkasnya.