Baku Tembak Terjadi Sebelum Aparat Gabungan Kuasai Markas KKB di Distrik Gome

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo/Net
Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo/Net

Kelompok Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melakukan penembakan ke Pos Keamanan Raider 300/BJW di Distrik Gome, Kabupaten Puncak pada Selasa (15/8), sekitar pukul 09.45 WIT.


Kronologis kejadian berawal saat Dansatgas Pamtas Yonif Raider 300/BJW bersama tim menuju Pos Gome untuk menghadiri acara bakar batu bersama masyarakat Distrik Gome pada pukul 09.00 WIT.

“Namun, suasana tenang mendadak terguncang oleh tembakan dari kelompok KKB yang diduga Numbuk Talenggen, mengarah ke arah Pos Gome dan Dansatgas Pamtas Mobile 300/BJW pada pukul 09.45 WIT,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo dalam keterangan tertulis, Rabu (16/8).

Petugas yang ada di lokasi kejadian langsung merespon segera dengan melancarkan tembakan balasan dan memulai upaya pengejaran.

Tak butuh waktu lama, melalui drone, keberadaan dua orang dengan senjata panjang berhasil terdeteksi. Aparat kemudian berhasil menguasai markas kelompok KKB Numbuk Talenggen, mengamankan sejumlah barang bukti.

Di antaranya 7 handphone genggam dari berbagai merk, kamera Canon EOS 1300D, pisau kecil, serta sebuah busur panah beserta 8 anak panah, beberapa buah parang, gunting, teropong, charger, serta memori card yang berisi foto dan video KKB.