Dubes Nana Yuliana Kibarkan Merah Putih di Dasar Laut Karibia

Dubes Nana Yuliana kibarkan bendera Merah Putih di dasar laut Karibia/ist
Dubes Nana Yuliana kibarkan bendera Merah Putih di dasar laut Karibia/ist

Duta Besar Nana Yuliana punya cara tak biasa dalam merayakan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia. Bersama staf KBRI Havana, Dutabesar RI untuk Kuba ini mengibarkan bendera Merah Putih di dasar Laut Karibia. 


Pengibaran bendera Merah Putih ini merupakan rangkaian perayaan HUT RI yang dilakukan KBRI Havana. Kegiatan lainnya adalah jalan sehat, pertandingan gaple, dan tenis meja. Menariknya lagi, tenis meja yang digelar di Wisma Duta diikuti Duta Besar ASEAN di Havana.

Kegiatan lain yang diselenggarkan KBRI Havana adalah lomba karaoke Lagu Indonesia Raya yang diikuti masyarakat Kuba.

Sementara itu, dalam keterangannya melansir Kantor Berita Politik RMOL, Dubes Nana mengatakan, upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI dihadiri masyarakat Indonesia di Kuba, termasuk mahasiswa dan biarawati yang  bertugas dari Provinsi Holguin dan  Granma juga Romo di Havana.

Duta Besar negara-negara ASEAN yang hadir dalam upcara HUT RI juga ikut menyumbangkan suara, dand memuji kemeriahan perayaan.

Kegiatan spesial ini diselenggarakan KBRI Havana juga untuk memperingati 63 tahun hubungan Indonesia dan Kuba.

Presiden Soekarno merupakan Kepala Negara pertama yang berkunjung ke Kuba untuk menyampaikan ucapan selamat atas kemenangan Revolusi Fidel Castro pada tahun 1959.

“Pada bulan September 2023 Kuba menjadi tuan rumah pelaksanaan G77+China Summit yang mengambil tema Current Development Challengies: Roles of Science, Technology and Innovation. Hubungan kedua negara semakin meningkat terutama pada sektor ekonomi dan people to people connectivity,” ujar Dubes Nana.

Indonesia dan Kuba memiliki kesamaan dimana kedua negara tersebut merupakan negara tropis yang dikelilingi oleh perairan laut.

Dubes Nana juga mengatakan, Presiden Kuba Diaz Canel mengirim bunga ucapan selamat atas perayaan hari Kemerdekaan Indonesia.