Kemenpora Beri Penghargaan Provinsi Riau Dalam Meningkatan Potensi Kepemudaan

Gubernur Provinsi Riau Syamsuar saat menyampaikan sambutan di Media Center Kemenpora, Senayan Jakarta, Rabu (23/8)/RMOLJatim
Gubernur Provinsi Riau Syamsuar saat menyampaikan sambutan di Media Center Kemenpora, Senayan Jakarta, Rabu (23/8)/RMOLJatim

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menerima kunjungan beberapa gubernur, bupati dan wakil bupati yang menerima penghargaan Anugerah Rencana Aksi Daerah Pembangunan Kepemudaan dari Kemenpora RI.


Hadir saat pemberian penghargaan  Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan kamil, Gubernur Provinsi Riau Syamsuar, Gubernur Provinsi Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang, Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Rusdy Mastura, Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan Sahbirin Noor. 

Gubernur Provinsi Sumatera Utara diwakilkan Kadispora Sumatera Utara, Baharuddin Siagian, Bupati Bengkalis, Kasmarni serta Wakil Bupati Kota Baru Andi Rudi Latif, Deputi II Kepala Staf Presiden KSP Abetnego Tarigan serta Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda Kemenko PMK Woro Srihastuti.

Menpora Dito menyampaikan terima kasih atas kehadiran para gubernur, bupati dan wakil bupati. Ia berharap penghargaan ini dapat mendorong pelayanan kepemudaan di daerah lain di Indonesia.

Adapun delapan kepala daerah itu telah melaksanakan pelayanan kepemudaan sebelum adanya Surat Kemendagri Nomor 400.3.5/9106/Bangda tanggal 18 Agustus 2023. Surat itu meminta Gubernur dan Bupati/Walikota melaksanakan Perpres No. 86/2021 tentang DBON dan Perpres No. 43/2022 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Rencana Aksi Daerah (RAD) Pelayanan Kepemudaan.

Di tempat yang sama, Gubernur Provinsi Riau Syamsuar mengatakan yang diberikan Kemenpora ini menjadi semangat dan apresiasi bagi Provinsi Riau untuk terus meningkatkan kemajuan kepemudaan.  

"Saya ucapkan terima kasih kepada Kemenpora yang memberikan penghargaan dan, ini suatu kebanggaan bagi Provinsi Riau. Kami yang datang dari luar Pulau Jawa kami akan fokus mendukung program pemerintah pusat untuk kemajuan pemuda Indonesia," ucapnya.

"Beberapa kegiatan terkait kepemudaan dan keolahragaan terus kami lakukan, tujuanya untuk menggali potensi anak muda di Riau tentunya agar bisa maju dan berkembang," tambah Syamsuar di Media Center Kemenpora, Rabu (23/8).

Sementara Boby Rachmat, Kadispora Riau mengatakan penghargaan ini akan menjadi salah satu peningkatan pemuda dan olahraga tentunya di wilayah Riau.

"Kami tetap akan menggairahkan dengan kegiatan kepemudan di Riau dalam waktu dekat Riau rencana akan menjadi salah satu tuan rumah Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) pada bulan November 2023 nanti," tutupnya.