Indonesia Lolos ke Final Piala AFF U-23 Usai Tundukkan Thailand 

Tim Garuda Muda melaju ke final Piala AFF U-23 meski memiliki sejumlah kendala di awal kejuaraan/PSSI
Tim Garuda Muda melaju ke final Piala AFF U-23 meski memiliki sejumlah kendala di awal kejuaraan/PSSI

Meski sempat diragukan di awal turnamen, Tim U-23 Indonesia akhirnya mampu tampil di final Piala AFF U-23 yang digelar di Thailand. Kepastian ini bahkan didapat dengan sebuah kemenangan besar saat menundukkan Tim U-23 Thailand dengan skor 3-1, Kamis malam (24/8). 


Perjuangan keras skuad Garuda Muda ini pun diapresiasi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Apalagi, Indonesia mampu kembali menundukkan Thailand dalam dua laga beruntun. Terakhir Beckham Putra dan kolega mengalahkan Thailand di final SEA Games 2023.

"Alhamdulillah. Pemain tampil baik, rakyat berdoa, dan Allah pun beri jalan," ujar Erick, dikutip dari laman resmi PSSI, Jumat (25/8).

"Hari ini kembali para pemain tampil habis-habisan dengan kualitas teknis dan mental yang baik. Terbukti Thailand yang selama ini sulit kita taklukkan, dua kali beruntun kita kalahkan," imbuhnya.

Namun demikian, Erick meminta seluruh penggawa Garuda Muda tak jemawa. Karena laga final melawan Vietnam dipastikan tak akan mudah.

"Masih ada 90 menit plus perpanjangan jika imbang. Jadi kita akan terus berjuang hingga akhir," kata Erick.

Kemenangan Indonesia atas Thailand tadi malam memang terasa spesial. Mengingat Indonesia mengawali kejuaraan Piala AFF U-23 dengan sejumlah kendala. Seperti banyak penggawa utama yang tak diizinkan klubnya. Apalagi Indonesia kemudian mengawali laga di putaran grup dengan kalah dari Malaysia.

Beruntung, skuad besutan Shin Tae-yong ini masih bisa lolos ke semifinal dengan predikat runner up terbaik. Status underdog saat melawan tuan rumah Thailand ternyata membuat Indonesia tampil lepas untuk meraih kemenangan 3-2.

Di laga final yang akan berlangsung Sabtu besok (26/8), Indonesia sudah ditunggu Vietnam yang berhasil mengalahkan Malaysia di babak semifinal.