Pawai Budaya Nasional Pemuda "Kreativesia 2023" Akan Dibuka Kemenpora Dito dan Walikota Gibran

Plt Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Yohan bersama Asisten Deputi (Asdep) Potensi Kemandirian Pemuda Kemenpora, Tri Winarno/Ist
Plt Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Yohan bersama Asisten Deputi (Asdep) Potensi Kemandirian Pemuda Kemenpora, Tri Winarno/Ist

Kreativesia 2023 akan dibuka secara resmi oleh Menpora Dito Ariotedjo dan Welcome Greeting Speech oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. 


Pembukaan ini menandai dimulainya rangkaian acara yang dijanjikan memberikan inspirasi dan kolaborasi dalam berbagai bidang.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan mengumumkan pelaksanaan Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia atau Kreativesia 2023 pada 25-27 Agustus 2023 di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo.

Kegiatan yang digelar secara tahunan ini memiliki misi memberikan wadah bagi kelompok dan individu yang hendak mengekspresikan kreativitas mereka. Kreativesia juga memberi wadah bagi mereka yang ingin berkontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia dan ekonomi Indonesia. 

Menurut Plt Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Yohan mengatakan, kegiatan Kreativesia 2023 ini menjadi kolaborasi unik antara individu, dan komunitas kreatif para pemuda dari Solo yang bisa di tampilkan di depan para pemuda pemudi dari berbagai provinsi mengenalkan pameran sekaligus menampilkan budaya anak muda.

"Berbagai kesiapan saya lihat dari awal pelaksanaan pertama pada tanggal 24 s/d 27 Agustus 2023 semua berjalan baik dan lancar termasuk penjurian dan perlombaan baik di ruangan maupun di Venue lapangan. Pembukaan hari ini pukul 20.00 WIB di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo," ujarnya pada wartawan di Swiss Bellhotel Internasional, Sabtu (26/8).

Acara ini akan mempertemukan peserta dari 38 provinsi di seluruh Indonesia. Sebelumnya, terdapat rangkaian acara menuju perayaan puncak di Solo. Rangkaian itu antara lain Ujug-ujug Ngegambar pada 13 Agustus 2023 di Jalan Gatot Subroto serta Goodiz x. Kreativesia yang berlangsung pada hari dan tempat yang sama. Selain itu, ada pula Ujug-ujug Ngedance (Se-Solo Menari di Jalan) pada 20 Agustus 2023 di Jalan Gatot Subroto. 

Acara ini juga memamerkan beragam program dan kegiatan. Salah satunya adalah kompetisi nasional dan umum dari berbagai sub-bidang kreatif seperti musik, film, fashion, kuliner, kriya, teknologi informasi (perangkat lunak dan perangkat keras), desain grafis, serta barista.

Acara juga akan dimeriahkan pawai budaya nasional Kreativesia 2023 menjadi kolaborasi individu, komunitas kreatif di Solo yang diwakili Se-Solo Creative Circle, serta institusi dan lembaga. 

Di tempat yang sama, Asisten Deputi (Asdep) Potensi Kemandirian Pemuda Kemenpora Tri Winarno menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk menggali dan memberi ruang kolaborasi bagi Pemuda Indonesia.

"Kegiatan Kreativesia 2023 ini menjadi kolaborasi unik antara individu, dan komunitas kreatif para pemuda dari Solo yang bisa di tampilkan di depan para pemuda pemudi dari berbagai provinsi mengenalkan pameran sekaligus menapilkan budaya anak muda," tutupnya.