Anies-AHY Potensial Jadi Skema Akhir KPP untuk Pilpres 2024

foto/net
foto/net

Anies Baswedan hampir pasti dipasangkan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Pilpres 2024. Ini menjadi skema akhir formasi bakal calon presiden dan wakil presiden dari Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP).


Hal ini yang dibaca analis komunikasi politik Universitas Nasional (Unas), Selamat Ginting, usai Anies dan tim delapan menghadap tiga tokoh puncak KPP, yakni Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh; Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY); dan Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera Salim Segaf Aljufri, pada Jumat (25/8) dan Sabtu (26/8).

“Pertemuan Anies, tim delapan dengan tiga pucuk pimpinan KPP merupakan strategi komunikasi politik untuk menduetkan Anies dengan AHY sebagai skema akhir, sekaligus menunjukkan KPP semakin konsolidatif menuju fase berikutnya, yakni deklarasi Anies-AHY,” kata Selamat Ginting dikutip Kantor Berita RMOLJakarta, Sabtu (26/8).

Menurut Selamat Ginting, pertemuan Anies didampingi tim delapan dengan Surya Paloh, SBY, dan Salim merupakan strategi komunikasi politik jelang pengumuman pasangan capres dan cawapres KPP. Strategi komunikasi politik yang dilakukan dalam dua hari itu, bukan lagi gimmick (kemasan) politik.

“itu sudah ril politik, tinggal ketuk palu, setelah melewati dinamika politik yang sangat keras,” ujar dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unas itu.

Dikemukakan Selamat Ginting, Bacawapres yang sebelumnya beredar bakal mendampingi Anies, kini hanya tinggal kemasan saja. Mengingat waktu pendaftaran capres dan cawapres tinggal 2,5 bulan lagi. Beberapa kandidat dari unsur Nahdlatul Ulama (NU), seperti Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar, Zannuba Ariffah Chafsoh (Yenny Wahid), kini tidak lagi mengemuka dalam bahasan koalisi tersebut.

“Saya menduga Partai Demokrat akan memanfaatkan momentum HUT partai pada 9 September, sebagai unjuk kekuatan duet Anies-AHY siap bertarung menghadapi kontestasi Pilpres 2024,” tutur Ginting.

Ginting melihat secara ril politik Anies diasosiasikan sebagai tokoh yang disorongkan Partai Nasdem. Sedangkan AHY merupakan representasi dari Partai Demokrat. Sementara PKS akan kebagian dalam pembagian kekuasaan di posisi strategis dalam kabinet, apabila koalisi ini menang dalam pilpres.

“Itulah konsensus politik dalam mengatasi konflik politik di koalisi tersebut. Paloh, SBY, dan Salim adalah king maker dalam koalisi di tengah tarik-menarik kepentingan politik yang menguras energi,” tutup Ginting.