Pembukaan Kreativesia 2023, Menpora Dito: Ini Panggung Kreativitas Para Pemuda

Pembukaan Kreativesea 2023 di Pura Mangkunegaran bersama Menpora Dito Ariotedjo dan Walikota Solo Gibran/RMOLJatim
Pembukaan Kreativesea 2023 di Pura Mangkunegaran bersama Menpora Dito Ariotedjo dan Walikota Solo Gibran/RMOLJatim

Meriah sekaligus menjadi salah satu ajang kebolehan para anak muda dalam berkreasi di pentas budaya, seni dan musik berunjuk kebolehan dalam pembukaan Kreativesia 2023 yang dibuka secara resmi oleh Menpora Dito Ariotedjo dan Welcome Greeting Speech oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. 


Pembukaan ini menandai dimulainya rangkaian acara yang dijanjikan memberikan inspirasi dan kolaborasi dalam berbagai bidang.

Dalam sambutanya Menpora Dito mengatakan, Penyelenggaraan Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia 2023 atau Kreativesia merupakan upaya untuk merayakan dan memberikan penghargaan kepada individu, komunitas, dan lembaga yang telah menghasilkan karya-karya kreatif dan gagasan inovatif yang luar biasa. 

"Kreativesia merupakan panggung untuk menginspirasi dan mempromosikan kreativitas dalam segala bentuknya, mulai dari seni, desain, teknologi, inovasi, hingga industri kreatif yang semakin berkembang di negara kita. Kreativitas pemuda di berbagai bidang akan membawa inovasi dan mendorong perkembangan sosial dan ekonomi di masyarakat," kata Dito di Pura Mangkunegaran, Sabtu malam (26/8).

Selain merayakan kreativitas, pihaknya juga membuka ruang untuk berbagai komunitas saling bertemu dan berbagi inspirasi di Komunitas Fest. 

Komunitas Fest merupakan ajang pertemuan komunitas-komunitas yang berbasis hobi, isu, profesi, minat, bakat, dan lainya dengan konsep yang mendidik sekaligus menghibur. Peran komunitas kepemudaan akan menghasilkan solusi baru dan mendorong peran aktif pemuda dalam pertumbuhan ekonomi.

"Saya berharap kegiatan ini dapat memunculkan kolaborasi antara para pelaku industri kreatif, komunitas, akademisi, private sector dan pemerintah dalam mewujudkan visi bangsa kita menuju masa depan yang lebih baik. Marilah kita jadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa," tandasnya 

Kemenpora mengumumkan pelaksanaan Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia atau Kreativesia 2023 pada 25-27 Agustus 2023, di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo. 

Kegiatan yang digelar secara tahunan ini memiliki misi memberikan wadah bagi kelompok dan individu yang hendak mengekspresikan kreativitas mereka. Kreativesia juga memberi wadah bagi mereka yang ingin berkontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia dan ekonomi Indonesia. 

Acara ini mempertemukan peserta dari 38 provinsi di seluruh Indonesia. Sebelumnya, terdapat rangkaian acara menuju perayaan puncak di Solo. Rangkaian itu antara lain Ujug-ujug Ngegambar pada 13 Agustus 2023 di Jalan Gatot Subroto serta Goodiz x Kreativesia yang berlangsung pada hari dan tempat yang sama. Selain itu, ada pula Ujug-ujug Ngedance (Se-Solo Menari di Jalan) pada 20 Agustus 2023 di Jalan Gatot Subroto. 

Memamerkan beragam program dan kegiatan. Salah satunya adalah kompetisi nasional dan umum dari berbagai sub-bidang kreatif seperti musik, film, fashion, kuliner, kriya, teknologi informasi (perangkat lunak dan perangkat keras), desain grafis, serta barista.

Acara pembukaan dimeriahkan dengan berbagai pentas tari anak muda di isi saat lomba pawai budaya nasional Kreativesia 2023 menjadi kolaborasi individu, komunitas kreatif di Solo yang diwakili Se-Solo Creative Circle, serta institusi dan lembaga. 

Sekitar 1500 massa meramaikan pembukaan Kreativitas Pemuda Indonesia 2023 pada Sabtu malam (26/8).