Dorong Pemuda Kreatif Kembangkan Ekonomi Daerah, Kalimantan Selatan Siap Menjadi Tuan Rumah Pemuda Kreativesia 2024

Penutupan Kreativesia 2023 bersama Kemenpora dan perwakilan Kalsel saat pemberian bendera simbolis tuan rumah 2024/RMOLJatim
Penutupan Kreativesia 2023 bersama Kemenpora dan perwakilan Kalsel saat pemberian bendera simbolis tuan rumah 2024/RMOLJatim

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) resmi menutup Kreatifitas Pemuda Indonesia atau Kreativesia 2023 di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo Jawa Tengah, Minggu malam (27/8).


Kegiatan yang menjadi agenda tahunan ini memiliki misi memberikan wadah bagi kelompok dan individu yang hendak mengekspresikan kreativitas mereka. Kreativesia memberikan wadah mereka yang ingin berkontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia dan ekonomi Indonesia. 

Kreativesia 2023 mempertemukan peserta dari 38 provinsi di seluruh Indonesia. Terdapat rangkaian acara sebelumnya menuju perayaan puncak di Solo. Rangkaian itu antara lain Ujug-ujug Ngegambar pada 13 Agustus 2023 di Jl. Gatot Subroto serta Goodiz x Kreativesia yang berlangsung pada hari dan tempat yang sama. Selain itu, ada pula Ujug-ujug Ngedance (Se-Solo Menari di Jalan)  pada 20 Agustus 2023 di Jl. Gatot Subroto. 

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada setiap peserta yang telah berkomitmen mengikuti kegiatan Kreativesia ini dengan penuh semangat dari awal sampai akhir.

Penyelenggaraan Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia 2023 atau Kreativesia merupakan upaya kita bersama untuk merayakan dan memberikan penghargaan kepada individu, komunitas, dan lembaga yang telah menghasilkan karya-karya kreatif dan gagasan inovatif dalam segala bentuk yang luar biasa, mulai dari seni, desain, teknologi, hingga industri kreatif," ujarnya Plt. Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, Dr. Drs. Yohan, M.Si.

Yohan menambahkan, kreativitas pemuda di berbagai bidang telah membawa inovasi dan karya-karya kreatif yang mendorong perkembangan sosial dan ekonomi di masyarakat. Tak dapat disangkal bahwa peran komunitas kepemudaan telah menghasilkan solusi baru dan mendorong peran aktif pemuda dalam pertumbuhan ekonomi. 

"Saya yakin kegiatan ini pun telah memunculkan kolaborasi antara para pelaku industri kreatif, komunitas, akademisi, private sector, dan pemerintah dalam mewujudkan visi bangsa kita menuju masa depan yang lebih baik. Marilah kita jadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa. Saya berharap ini akan menjadi bekal berharga dalam perjalanan hidup kita masing-masing," imbuhnya.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyukseskan penyelenggaraan kegiatan ini, khususnya kepada Gubernur Jawa Tengah, Walikota Surakarta, Raja Mangkunegaran, para komunitas pemuda di kota Surakarta dan sekitarnya, para kepala dinas pemuda dan olahraga, para peserta dan Pembina dari 38 provinsi, para pendukung acara/kegiatan, para pemuda yang penuh kreatif dan inovatif, dan pihak-pihak lain.

"Dan tidak lupa untuk tahun depan penyelenggaraan Kreativesia diadakan di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Kita terus berikan semangat untuk Kalsel agar lebih meriah lagi acara nya serta mengembangkan menjaga semangat dan mendorong peran aktif pemuda disana dalam pertumbuhan ekonomi di dunia yang terus berubah dan berkembang," jelasnya.

Di tempat yang sama, Asisten Deputi (Asdep) Potensi Kemandirian Pemuda Kemenpora Tri Winarno, menyampaikan terimakasih kepada tuan rumah yang sukses menggelar acara pemudaan dari awal hingga saat ini masih berjalan lancar tanpa satu kendala apapun.

"Saya juga ucapkan selamat kepada para juara yang bisa memenangkan perlombaan di masing katagori. Tentu ini akan menjadi motivasi anak muda agar lebih memenghasilkan karya-karya kreatif dan gagasan inovatif yang luar biasa," tutupnya pada wartawan di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo.

Hadir di acara closing cheremony berbagai komunitas dan elemen pemuda pemudi sekitar 2000 massa asal Solo sekitarnya dan perwakilan pemuda dari 38 Provinsi di Indonesia.

Selain itu, Kepala Bidang Perberdayaan Pemuda Provinsi Jateng yang mewakili Gubernur Jateng, Kadispora kota Surakarta Mewakili Walikota Surakarta, Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Provinsi Kalsel mewakili Gubernur Kalsel dan Perwakilan Forkompinda Kota Surakarta.