Temui Jamaah Thoriqoh, Anies Ajak Relawan Jaga Kesantunan Politik dengan Spirit Tasawuf

Anies Baswedan di Jombang/RMOLJatim
Anies Baswedan di Jombang/RMOLJatim

Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan mengajak para relawan di Kabupaten Jombang, berkampanye dan berpolitik secara santun.


Serangkaian kunjungannya di Jombang tersebut, Anies mengakhiri kegiatan silaturahim dan berziarah ke Masyayikh sejumlah pesantren dengan menyapa relawan di Universitas Darul Ulum.

Ketua Umum Forum Masyarakat Santri Nusantara (FormasNU), Gus Abdur Rouf Qusyairi mengatakan kedatangan Anies Baswedan di Kabupaten Jombang dalam rangk ziarah ke muassis Nahdlatul Ulama mulai dari Tebuireng, Rejoso, Tambakberas, dan Denanyar.

"Berbarengan dengan giat Ibu Fery talkshow Ibu Nyai dan Neng di Yusro. Nah, temen-temen relawan juga berhimpun dari kalangan guru madin, petani, dan pekerja informal ssrap aspirasi dengan Anidd Baswedan di kampus Undar," ujar Gus Rouf, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (31/8).

Menurutnya, Anies Baswedan ini sangat dekat dengan pergerakan aktifis dan intelektual kampus. Relasi sewaktu menjadi Ketua Senat di UGM (Universitas Gajah Mada) ini juga banyak kawan-kawan yang dari kampus Universitas Darul Ulum Jombang.

"Saya berharap dari Muhibbah (kunjungan) selama di Jombang ada spirit perubahan lebih baik yang mengedepankan persatuan, toleransi, kondusif, dan pemilu berjalan demokratis," ujarnya.

Gus Rouf menambahkan, sewaktu bersilaturahim ke Pondok Rejoso tadi ketemu Mursyid Qodiriah wan Naqsabandiyah KH Tamim Romly banyak hal yang bisa dijadikan spirit dan langkah politik yang lebih kondusif dengan tasawuf.

“Beliau tadi waktu sowan bertemu langsung dengan jamaah Thoriqoh yang kebetulan sedang Tawajuhan. Spirit dunia tasawuf bisa menjadi landasan dalam bertindak berfikir melangkah kedepan untuk lebih santun dan kondusif," katanya.