Pameran Peralatan Mesin Terbesar dari Tiongkok hadir di Indonesia, Machinex Awali Roadshow dari Surabaya

Pengenalan pameran teknologi industri dari China
Pengenalan pameran teknologi industri dari China

Revolusi industri 4.0 yang terus digencarkan pemerintah Indonesia berpengaruh pada terus tumbuhnya kebutuhan akan mesin-mesin pada dunia industri dalam beberapa tahun mendatang.


Tak hanya dunia industri, tetapi kebutuhan juga sejalan dengan rencana pembangunan infrastruktur. Sejumlah sektor industri nasional telah memasuki era industri 4.0 tersebut, di antaranya industri otomotif, makanan dan minuman, sampai petrokimia¹.

Sejalan dengan misi Machinex: The Industrial Network, mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia lewat impor produk berkualitas dengan harga kompetitif dari China.

Tingkat pertumbuhan gabungan pasar peralatan industri Indonesia sendiri diperkirakan tumbuh menjadi 5% dan diharapkan angkanya mencapai 80 miliar dolar AS pada tahun 2025.

Sebagai negara dengan populasi terbanyak ke-4 di dunia dan kaya akan SDA, hal tersebut berpotensi memberikan ruang yang luas untuk pengembangan pasar mesin industri. 

Melihat fenomena tersebut, Machinex: The Industrial Network, akan hadir untuk kelima kalinya dan menyediakan produk peralatan mesin lebih banyak.

Machinex: The Industrial Network Indonesia yang kelima akan diadakan pada 23-25 November 2023 di JIExpo Kemayoran Jakarta. 

Peralatan mesin yang akan dipamerkan mencakup Logistics Equipment and Technology, Fastener Equipment and Finished Products, Logistics Service and Supply Chain, sampai Power Transmission and Control Technology.

Larissa Zhou, General Manager Meorient Indonesia menjelaskan, "Machinex: The Industrial Network yang kelima, setidaknya mengantongi 500 eksibitor terverifikasi yang akan membawa 12,000 produk peralatan mesin berkualitas. 

"Di acara sebelumnya, kami berhasil mencatat 10.000 pengunjung dan 2.000 lading buyer. Angka tersebut diharapkan akan meningkat di November terutama pada jumlah pembeli," ungkapnya saat di Surabaya, Kamis, (7/9).

Salah satu program yang dilakukan untuk mengenalkan Machinex: The Industrial Network lebih luas adalah dengan kegiatan Industrial Networking Roadshow, kegiatan ini diadakan di berbagai kota besar di Indonesia dengan berbagai asosiasi resmi yang mendukung Machinex: The Industrial Network, seperti Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia (PPGI), Indonesian Packaging Federation (IPF), Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), Indonesian Cafe and Restaurant Entrepreneurs Association (APKRINDO), serta dari KADIN Jawa Timur.

Surabaya adalah kota pertama diselenggarakannya roadshow ini. Sebagai ibu kota Jawa Timur, Surabaya adalah salah satu kota industri terbesar di Indonesia. Lokasi strategis Surabaya dan basis industri yang kuat menjadikannya pusat ekonomi penting di Indonesia.

Roadshow Machinex: The Industrial Network akan dilaksanakan tanggal 7 September 2023 di Hotel Westin Surabaya.

Mengusung tema “Advanced The Local Industry With World-Class Supplier from China”, Roadshow Machinex: The Industrial Network akan dihadiri oleh berbagai petinggi asosiasi dan kamar dagang di Indonesia. Roadshow ini juga akan ada sesi presentasi produk dari supplier China.

Dalam beberapa tahun ke depan, diharapkan Indonesia akan menjadi produsen dengan produk-produk berkualitas tinggi, dan Machinex: Industrial Network Indonesia hadir sebagai katalisator dalam mewujudkan visi tersebut. Kehadiran pameran ini tidak hanya sebagai wadah untuk berbisnis dan bertransaksi, tetapi juga sebagai platform edukasi dan inspirasi bagi para pelaku industri untuk terus berinovas

Harapannya, Machinex: Industrial Network Indonesia menjadi bukti nyata kolaborasi antara China dan Indonesia dalam mendorong kemajuan industri menuju era baru agar lebih dinamis.

"Kami mengundang seluruh pelaku industri, asosiasi, dan pemangku kepentingan untuk bergabung dalam acara ini, menjalin koneksi berharga, dan menjajaki peluang-peluang bisnis yang menjanjikan. Melalui Machinex: Industrial Network Indonesia, mari bersama-sama membentuk masa depan industri yang inovatif, efisien, dan berkelanjutan, serta terus menginspirasi dengan produk-produk unggulan," tutupnya.