Anak Asuh Shin Tae-yong Sukses Kalahkan Turkmenistan, Indonesia Perbaiki Peringkat FIFA

Egy Maulana Vikri/Net
Egy Maulana Vikri/Net

Timnas Indonesia memetik kemenangan di FIFA Matchday September 2023. Berhadapan dengan timnas Turkmenistan, Skuat Garuda menang dengan skor 2-0. 


Skuad besutan Shin Tae-yong berhasil unggul di laga ini berkat gol Dendy Sulistyawan di babak pertama, sebelum Egy Maulana Vikri menggenapkan skor di masa injury time.

Dalam laga uji coba ini, seperti diberitakan Kantor Berita RMOLSumsel, Turkmenistan mendapatkan peluang mencetak gol lebih dahulu di awal laga.

Velmyrat Ballakov, gelandang berusia 24 tahun, melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang bisa dihalau kiper Nadeo Argawinata.

Indonesia akhirnya mampu mencetak gol di menit 19, usai manuver Asnawi Mangkualam yang menyisir di sisi kiri pertahanan lawan, mampu mengirim umpan kepada Dendy Sulistyawan.

Sang penyerang Bhayangkara FC yang melihat posisi kiper Batyr Baba Yev tidak ideal, melepaskan tembakan telak dari luar kotak penalti. Skor 1-0 untuk Garuda.Kedudukan ini tidak berubah hingga turun minum.

Awal babak kedua, Shin Tae-yong melakukan pergantian pemain. Ia menyuntikkan Egy Maulana Vikri menggantikan Alfreandra Dewangga. Ini membuat formasi Timnas Indonesia berubah dari 3-4-3 menjadi 4-3-3. Egy dikombinasikan dengan Saddil Ramdani dan Dendy Sulistyawan.

Menit 60, dua momentum beruntun terjadi untuk kedua tim. Awalnya, Timnas Indonesia menggebrak lewat umpan-umpan pendek yang berujung pada bola Marc Klok kepada Egy Maulana Vikri. Namun, tembakan Egy masih terlalu mudah untuk Batyr Baba Yev.

Hanya dalam hitungan detik, Turkmenistan punya peluang di sisi kanan pertahanan Garuda. Hanya saja, tembakan Shanazar Tirkishov, sang nomor 14, melambung tinggi.

Dalam ambisi mengejar ketertinggalan, Turkmenistan mendapatkan hadiah tendangan bebas dalam jarak ideal pada menit 64. Elman Tagayev melepaskan tembakan yang masih mengenai mistar gawang.

Menjelang akhir pertandingan, Turkmenistan semakin menyengat. Mereka punya dua peluang beruntun, salah satunya dari Charyyev Temur. Menit 80, Selim Nurmyradov mendapatkan bola di depan kotak penalti Indonesia. Namun, tembakan cantik sang pemain nomor 11 masih melebar.

Rasa frustrasi Turkmenistan semakin menjadi pada ujung babak kedua. Serangan kilat Indonesia berujung pada umpan Stefano Lilipaly kepada Egy Maulana Vikri. Sang nomor 10 meliuk-liuk mencari ruang tembak, lantas mengirim tendangan datar ke sudut dekat gawang Turkmenistan. 2-0 timnas unggul.

Gol itupun menjadi penutup di laga ini. Hasil ini dipastikan mengkerek posisi timnas di rangking FIFA.

Seperti diketahui Turkmenistan memiliki peringkat yang lebih baik yakni 138 dari timnas Indonesia yang kini menempati urutan 150 dunia.