Wali Kota Eri Sebut Pertandingan Persebaya Lawan Arema FC di GBT Hasil Perjuangan Bonek

Eri Cahyadi / RMOLJatim
Eri Cahyadi / RMOLJatim

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan terbitnya izin penggunaan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Permuahan Rakyat (PUPR) untuk menggelar laga Persebaya melawan Arema FC merupakan buah perjuangan Bonek.


"Alhamdulillah setelah komunikasi bisa dilakukan pertandingan Persebaya lawan Arema, ternyata keluar suratnya," kata Eri dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (20/9).

Menurutnya komunikasi yang dilakukan oleh Bonek untuk memperjuangkan penggunaan Stadion GBT merupakan bentuk kedewasaan suporter.

Sebab, kata dia setiap persoalan bisa rampung dengan mengedepankan langkah persuasif. 

"Saya sudah bilang sejak pertama kali bahwa ini kandang Persebaya," ujarnya.

Wali Kota Eri menyebut tak memiliki imbauan khusus kepada para Bonek, sebab dia yakin para suporter Persebaya itu bisa menunjukkan kedewasaannya saat mendukung bajol ijo saat melakoni "Derbi Jawa Timur", pada 23 September 2023 mendatang.

"Tidak ada pesan untuk Bonek, karena saya yakin Bonek menjaga GBT dan Surabaya yang jadi tuan rumah piala dunia," paparnya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya ini optimistis Persebaya bisa mengatasi perlawanan Arema FC.

"Persebaya pasti bisa menang 2-0," tandasnya.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur mengizinkan pertandingan Persebaya Surabaya melawan Arema FC digelar di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, pada 23 September 2023.

Kepastian soal izin itu disampaikan oleh Kementerian PUPR, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur, Tim Teknis Pekerjaan Rehabilitasi Stadion GBT Surabaya M Akbar Ansari yang diunggah oleh salah satu akun media sosial kelompok suporter Persebaya, pada Selasa.

Akbar berharap agar seluruh elemen termasuk suporter Persebaya yakni Bonek dapat menjaga seluruh fasilitas stadion serta kondusivitas Kota Surabaya.

Stadium Manajer GBT Surabaya Trio Wahyu Bromo mengatakan Pemerintah Kota Surabaya juga mengizinkan penggunaan stadion untuk pertandingan Persebaya melawan Arema FC.