Semarak Piala Dunia, Pemkot Surabaya Gelar Roadshow U-17 Bersama Pemain Timnas dan Persebaya

Teks foto: Roadshow U-17 di CFD Taman Bungkul/ist
Teks foto: Roadshow U-17 di CFD Taman Bungkul/ist

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar Roadshow U-17 di car free day (CFD) Taman Bungkul, Minggu (24/9). 


Roadshow ini, merupakan acara pertama kali yang digelar di Kota Surabaya dalam menyambut semarak Piala Dunia U-17 2023. 

Di Roadshow U-17, Pemkot melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya menghadirkan dua atlet pesepakbola nasional. 

Diantaranya, ada bek Persebaya Surabaya Rizwan Lauhin dan penjaga gawang Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-20 Aditya Arya Nugraha. 

Kepala Bidang (Kabid) Olahraga, Kota Surabaya Trio Wahyu Bowo mengatakan, acara ini merupakan bagian dari susunan acara yang digelar oleh Pemkot Surabaya dalam menyambut Piala Dunia U-17. 

Pertandingan sepak bola bergengsi itu, akan digelar mulai dari 10 November - 2 Desember 2023 mendatang di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). 

“Jadi di beberapa tempat di Kota Surabaya akan kita gelar event-event seperti ini. Misal, seperti dalam roadshow kali ini kita adakan lomba juggling dan coaching clinic dengan mendatangkan pemain sepak bola,” kata Trio dalam keterangan resmi yang diterima Kantor Berita RMOLJatim.

Trio menjelaskan, pemkot melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, juga mengajak ratusan pelajar SD-SMP untuk mengikuti kegiatan tersebut. 

Tujuannya, lanjut Trio, adalah untuk menyemarakkan Piala Dunia U-17. 

“Sehingga nantinya mereka (para pelajar) akan tertarik untuk menonton Piala Dunia U-17 secara langsung pada saat pembukaan di Stadion GBT nanti,” jelas Trio. 

Trio menerangkan, selain Roadshow U-17, Pemkot Surabaya juga akan menggelar berbagai acara lainnya. 

Diantaranya ada street soccer dan coaching clinic yang akan digelar setiap Minggu pada tanggal 1, 8, 15, 29 Oktober dan 5 November 2023 di Jalan Darmo dan Jalan Tunjungan mulai pukul 05.30 - 09.00 WIB. 

“Kita juga melaksanakan kompetisi sepak bola antar kelurahan se-Kota Surabaya yang akan digelar pada 3-27 Oktober mendatang. Lomba tersebut akan digelar di lapangan Sumberejo, Mulyorejo, Kolombo, dan Jambangan,” terangnya. 

Selain itu, Trio melanjutkan, juga akan ada acara serupa dengan hari ini, yakni juggling bersama pemain Persebaya Surabaya pada 8 Oktober 2023 mendatang, mulai pukul 18.00 - 21.00 WIB di Kya-kya Kembang Jepun. 

Selanjutnya, di 14 Oktober 2023, Disbudporapar akan menggelar lomba e-Sport dan live musik akustik, mulai pukul 18.00 - 21.00 WIB di GWalk area Cross Culture Festival.

“Kemudian di tanggal 21 Oktober 2023 juga akan ada mini games soccer dan e-Sport di Taman Surya, mulai pukul 18.00 - 21.00 WIB,” lanjutnya. 

Ia menambahkan, sebagai pamungkasnya akan ada acara Trophy Tour yang digelar pada 29 Oktober 2023, mulai pukul 07.00 WIB. 

Rencananya, trophy tour ini akan digelar di sepanjang Jalan Tunjungan hingga ke area Balai Pemuda. 

“Jadi nanti itu trophy piala dunia kita bawa, kita arak mulai dari Jalan Tunjungan sampai masuk ke Balai Pemuda. Nanti kita mula iring-iringan, dan kita datangkan pemain sepak bola dan dan klub-klub sepak bola ikut berjalan mengawal berjalannya piala dunia ini,” imbuhnya. 

Di samping itu, Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya Yusuf Masruh mengatakan, Roadshow U-17 kali ada melibatkan 200 pelajar SD-SMP yang terdiri dari 15 sekolah di Kota Surabaya. 

Tak jarang para pelajar yang hadir berebut untuk berswa foto hingga meminta tanda tangan kepada pemain Persebaya Surabaya Rizwan Lauhin dan penjaga gawang Timnas U-20 Aditya Arya Nugraha.

Pada event kali ini, para pelajar yang hadir juga mengikuti lomba juggling dan didampingi oleh Rizwan dan Aditya di CFD Taman Bungkul. 

Tak hanya itu, dalam kesempatan ini Rizwan dan Aditya juga sempat menceritakan awal mula dirinya merintis sebagai atlet sepak bola nasional. 

“Kami menghadirkan para pelajar dalam event ini untuk memfasilitasi dan memotivasi mereka, ternyata banyak pelajar yang suka bola. Dengan kegiatan seperti ini, maka bakat dan impian mereka akan tersalurkan,” pungkasnya.