Pertarungan Putra-putri Presiden Menuju 2024: Gibran Keok, AHY Perkasa

Kolase Gibran Rakabuming Raka, Agus Harimurti Yudhoyono, Puan Maharani, Yenny Wahid/Repro
Kolase Gibran Rakabuming Raka, Agus Harimurti Yudhoyono, Puan Maharani, Yenny Wahid/Repro

Putra Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) paling difavoritkan warganet X untuk bertarung di Pilpres 2024 sebagaimana hasil poling 24 jam yang digelar Kantor Berita Politik RMOL.


AHY bahkan unggul jauh dibanding tiga anak presiden dan mantan presiden RI, yakni putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka; putri Presiden kelima, Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani; dan putri Presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid.

Berdasarkan data poling yang ditutup pukul 13.16 WIB, Senin (25/9), AHY dinilai paling pantas untuk ikut Pilpres 2024 dengan persentase hingga 60,4 persen.

Posisi kedua ada Puan dengan persentase 36,8 persen. Posisi ketiga ada Yenny Wahid dengan 1,9 persen, sementara Gibran berada di posisi buncit dengan 0,9 persen.

Persentase tersebut didapat dari total 16.008 warganet X yang memberikan pilihannya.

Hingga saat ini, peta pertarungan menuju Pilpres 2024 masih dinamis sepanjang belum didaftarkan ke KPU RI. Baru ada tiga kandidat bakal calon presiden yang diusung koalisi partai politik pemilik suara, yakni Ganjar Pranowo dari PDIP dan PPP.

Kemudian Prabowo Subianto dari Gerindra, Golkar, PAN, dan Demokrat. Sementara Anies diusung Nasdem, PKB, dan PKS.

Dari ketiga kandidat, baru Anies Baswedan yang memiliki bakal calon wakil presiden, yakni Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.