Wapres Ma'ruf Amin Dijadwalkan Kunker Ke Pabrik Semen Imasco Jember

KH Ma'ruf Amin saat melakukan ta'aruf Cawapres Jokowi di Ponpes  Nuris Antirogo Jember 2018 silam/RMOLJatim
KH Ma'ruf Amin saat melakukan ta'aruf Cawapres Jokowi di Ponpes  Nuris Antirogo Jember 2018 silam/RMOLJatim

Wakil Presiden ( Wapres) RI, Prof. KH,  Ma'ruf Amin dijadwalkan melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke pabrik PT semen Imasco Asiatic Desa Puger Wetan Kecamatan Puger Kabupaten Jember, Rabu (6/12). 


Sebelumnya, putri KH Ma'ruf Amin, Siti Mamduhah, juga berkunjung ke pabrik dengan investor China, 8 September 2022 lalu. Pabrik yang memproduksi semen cap singa merah ini, berada dalam naungan Hongshi Holding Group, memiliki total aset di kisaran USD9,6 miliar.

Humas Imasco Jember, Sugiyanto membenarkan rencana kunjungan Wapres Ma'ruf Amin ke PT Imasco

"Wapres akan berkunjung ke PT Imasco dua hari lagi," ucap Sugianto, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (4/12). 

Namun dia menegaskan tidak ada kepentingan bisnis antara Imasco dengan Wapres maupun keluarganya. 

Menurut Sugiyanto, tujuan Wapres Ma'ruf Amin datang untuk turut serta dalam proses simbolik penyaluran paket bantuan sosial kepada masyarakat. PT Imasco hendak membagi bantuan nutrisi, dan makanan bergizi untuk 10.000 warga.

Bantuan tersebut, merupakan bagian dari program CSR (tanggung jawab sosial) yang bentuknya paket sembako. 

"Didalamnya juga ada susu, biskuit, mie segala macam itu. Tahun ini 10.000 paket," katanya.

Maksud dan tujuan Penyaluran bantuan bahwa bagian dari upaya Imasco membantu pemerintah dalam menangani dan pencegahan stunting. Sasarannya adalah warga sekitar lokasi pabrik Imasco dan beberapa kecamatan lainnya.

Selain wapres, lanjut dia ada pejabat penting lain yang juga akan datang, diantaranya Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa sekaligus perwira-perwira Polda Jawa Timur hingga Kodam V Brawijaya, serta Forkopimda Kabupaten Jember.

Diketahui, Hongshi Holding Group mampu menjual di 105 juta ton klinker dan semen ke berbagai negara setiap tahunnya. Adapun Imasco Jember berdaya produksi 1,7 juta ton klinker; berikut 1,2 ton semen; dan bisa menjual 1,9 ton klinker semen setiap tahunnya.

Imasco Jember, tepatnya berada dalam kawasan tambang kapur di Kecamatan Puger. Batuan kapur menjadi bahan baku yang mencakup kebutuhan 80-90 persen untuk semen dan klinker.

Sedangkan, 10-20 persen kebutuhan akan bahan baku lain disuplai oleh tambang galian pasir batu lokal maupun luar daerah. Seperti trass dari sekitar Jember dan Probolinggo, pasir besi dari Lombok, hingga impor pasir silika dan gypsum alam dari Thailand, dan batu bara dari Australia.