Bersinergi Petrokimia dan Pemkab Gresik Sepakat Terhadap Pemanfaatan Lahan Reklamasi

Jajaran Petrokimia dan Pemkab Gresik
Jajaran Petrokimia dan Pemkab Gresik

Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik bersinergi untuk percepatan kesepakatan pemanfaatan lahan reklamasi.


Menurut, SVP Sekretaris Perusahaan Petrokimia Gresik, Adityo Wibowo mewakili Direktur Utama Petrokimia Gresik, bahwa Petrokimia Gresik telah berdiri selama 51 tahun telah menjadi bagian dari masyarakat.

"Petrokimia Gresik selalu berkomitmen berkontribusi untuk kemajuan Pemkab maupun masyarakat Gresik. Sebab, selama ini kami juga taat dalam membayar pajak. Termasuk PBB yang alhamdulillah kepatuhan perusahaan mendapatkan apresiasi dari Bupati Gresik. Bahkan dalam pemanfaatan lahan reklamasi, komitmen kami tetap sama," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (16/12). 

Adit sapaan akrab Adityo Wibowo, menambahkan Petrokimia Gresik dan Pemkab Gresik sudah mengajukan permintaan kepada BPKP Jawa Timur (Jatim) untuk mereview mengenai tarif pemanfaatan lahan reklamasi. 

"Selain kinerja Petrokimia Gresik diawasi oleh berbagai pihak, kami juga menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance dalam berbagai aksi perusahaan. Sehingga semua kegiatannya, harus memiliki landasan yang jelas," sambungnya. 

Untuk itu, lanjut Adit terkait pemanfaatan lahan reklamasi Petrokimia Gresik dan juga Pemkab Gresik bersama-sama mengajukan review kepada BPKP Jatim untuk memberikan masukan terkait hal tersebut. 

"Komitmen Petrokimia Gresik, tidak akan pernah berubah untuk kemajuan Kabupaten Gresik. Karena itu Petrokimia Gresik berharap agar dasar pembayaran kepada Pemkab Gresik kuat dengan mempertimbangkan masukan dan review BPKP Jatim. Sehingga Petrokimia Gresik akan melakukan pembayaran sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati," tandasnya. 

Sementara, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Gresik, Agung Endro Dwi Setyo Utomo mewakili Bupati Gresik, menyampaikan bahwa retribusi reklamasi yang nantinya dibayarkan Petrokimia Gresik akan dikelola Pemkab Gresik untuk kemajuan masyarakat Gresik. 

"Pemkab Gresik dan Petrokimia Gresik, berkomitmen untuk terus berkontribusi aktif bagi seluruh entitas yang ada di Kabupaten Gresik. Untuk itu, kami berharap ada sinergitas antara Petrokimia Gresik dengan Pemkab dalam mencari solusi pembayaran pemanfaatan lahan reklamasi. Mari kita bersinergi, ada percepatan," imbau Agung.