Perkuat Sinergi, MKI Cari Solusi SDM Untuk Transisi Energi

Virtual MKI
Virtual MKI

Proses tansisi energi yang tengah berlangsung di tanah air perlu didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) mumpuni agar target Net Zero Emission (NZE) di 2060 dapat terealisasi. 


Salah satu upaya yang dilakukan guna mendorong penyiapan kebutuhan terhadap kualitas SDM tersebut, Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) menggelar webinar dengan tema ‘Kesiapan SDM Indonesia Dalam Menghadapi Transisi Energi’. 

“Kami (MKI) kembali menggelar webinar dengan tema SDM dalam rangkaian webinar ‘Accelerating Indonesia Energy Transition: Challlenges, Opportunities, and Solutions’ untuk mencari solusi atas tantangan dalam proses akselerasi transisi energi di Indonesia” kata Ketua Umum DPP MKI, Evy Haryadi (19/1).

Kegiatan yang diinisiasi oleh bidang 1 MKI (Transisi energi & Sustainability) dengan Ketua Ir. Karyawan Aji ini menghadirkan sejumlah narasumber dari PLN, GIZ, ITB, dan IBM. 

“Dalam webinar seri keempat ini kami menghadirkan EVP PT. PLN, Dedi Budi Utomo, Senior Advisor for Policy GIZ, Dian Vitriani, Kepala Pusat Kebijakan Keenergian ITB, Retno Gumilang Dewi, dan ASEAN Asset Management Leader IBM, Deepanker Mahajan” tambah Haryadi. 

Sumber daya manusia sebagai asset bukan hanya sekedar alat atau faktor produksi perusahaan sehingga kualitas dan kompetensinya perlu terus ditingkatkan keterampilannya terutama dengan keahlian diberbagai bidang seperti teknologi energi terbarukan, efisiensi energi, integrasi jaringan, dan manajemen energi. 

“MKI sebagai organisasi ketenagalistrikan merasa perlu berkontribusi dalam membangun kapasitas tenaga kerja Indonesia karena invest in people adalah sustainability sehingga ajang webinar ini dapat dijadikan instrument untuk berkonsolidasi antar stakeholders ketenagalistrikan di Indonesia” kata Haryadi. 

Lebih lanjut Haryadi menambahkan bahwa seluruh narasumber yang dihadirkan pada webinar kali ini memiliki kompetensi mumpuni di bidangnya sehingga diharapkan dapat memberikan masukan dan pertukaran informasi bagi semua partisipan. 

“Kami hadirkan PLN Sebagai operator ketenagalistrikan di Indonesia, GIZ diharapkan dapat memberikan insight tentang green job creation, sementara akademisi ITB  lebih spesifik tentang keilmuan teknologi baru, dan IBM tentang best practice experience mereka dalam pengembangan SDM” ujar Haryadi. 

Haryadi juga mengatakan bahwa rencananya masih ada satu episode webinar mengenai transisi energi yang akan digelar dalam waktu dekat dan seluruh hasil webinar akan disusun menjadi usulan MKI kepada pemerintahan baru kelak. 

“Kami bersyukur episode kemarin diikuti lebih dari 300 peserta, dan kami masih memiliki satu episode webinar berkenaan dengan transisi energi sehingga kami berharap partisipasi stakeholders masih tinggi agar seluruh hasil yang rencananya akan kami serahkan pada pemerintah dapat lebih komprehensi," tuturnya.