Konsolidasi Tingkatkan Kontribusi sektor Ketenagalistrikan, MKI Mulai Susun Buku Putih 

MKI gelar buka bersama/ ist
MKI gelar buka bersama/ ist

Dalam rangka memperkuat sinergi dan meningkatkan silaturahmi antar stakeholders ketenagalistrikan, Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) menggelar acara buka bersama di Ramadhan 1445 H. 


Btempat di auditorium PT PLN (Persero), kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid tersebut dibuka secara langsung oleh Ketua Umum MKI, Evy Haryadi. 

Dalam sambutannya, Haryadi menyampaikan bahwa kegiatan buka bersama yang diadakan bukan hanya dalam rangka memperkokoh silaturahmi di bulan Ramadhan, tetapi juga dimanfaatkan untuk berkoordinasi menyiapkan Buku Putih MKI 2024.

“Bersamaan dengan acara buka puasa ini, kita juga mendengarkan paparan rencana penyusunan Buku Putih MKI 2024 sebagai wujud kepedulian MKI terhadap permasalahan ketenagalistrikan di Indonesia yang selanjutnya akan disampaikan kepada pemangku kepentingan ketenagalistrikan di negeri kita tercinta” kata Haryadi.

Buku Putih yang direncanakan dapat tuntas pada tahun ini, kini tengah disusun berdasarkan penjelasan para ahli dalam berbagai kegiatan MKI seperti seminar dan FGD. 

“Proses pembuatan Buku Putih yang dikoordinir Dewan Pakar didasarkan pada hasil FGD, Seminar, serta dokumen mengenai transisi energi yang dimiliki MKI, dan pada kesempatan ini saya mewakili MKI mengharapkan masukan berupa saran dan kritik terhadap rencana Buku Putih tersebut” tambah Haryadi.

Pembahasan rencana Buku Putih MKI 2024 di acara Buka Bersama pada rabu (3/4) tidak hanya disampaikan oleh Ketua Tim Pelaksana, Bambang Praptono, tetapi juga oleh Tim Pengarah, yakni Wiluyo Kusdwiharto, Eddie Widiono Suwondho, dan Nasri Sebayang. 

“MKI saat ini telah menghasilkan 3 Buku Putih dan 1 Buku Dewan pakar yang produk terakhirnya dengan judul Transisi Energi Menuju Net Zero Emission 2060 masih sangat relevan dengan pembahasan tahun ini sehingga pada Buku Putih MKI 2024 merupakan pengembangan dari edisi terakhir tersebut” tutur Haryadi. 

Selain menjelaskan tentang Buku Putih 2024 yang diharapkan dapat disampaikan sebagai usulan kebijakan ketenagalistrikan kepada pemerintahan baru mendatang, Ketum MKI juga memaparkan rencana peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-79 di JCC, Jakarta pada November mendatang. 

Buka bersama MKI kali ini juga diisi dengan Penandatanganan Surat Tindak Lanjut Penugasan Pelaksanaan Penyelenggaraan Peringatan HLN oleh PT PLN Nusantara Power (PLN NP) yang diwakili oleh Direktur MHC, Karyawan Aji, dan Penerimaan Pemberitahuan oleh Direktorat Jendral Ketenagalistrikan serta PT PLN (Persero). 

“Kami berharap penyelenggaraan HLN ke-79 akan lebih semarak dengan jangkauan partisipan dan peserta yang lebih banyak karena merupakan gabungan dari beberapa event yang selama ini terpisah” pungkas Haryadi.