Pj Bupati Jombang Buka Kegiatan Penguatan Kapasitas dan Optimalisasi Kinerja Pilar Sosial

Pj Bupati Jombang buka kegiatan penguatan kapasitas dan optimalisasi kinerja pilar sosial di Hotel Yusro/Ist
Pj Bupati Jombang buka kegiatan penguatan kapasitas dan optimalisasi kinerja pilar sosial di Hotel Yusro/Ist

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang melalui Dinas Sosial menggelar Sosialisasi sekaligus Audiensi antara Pj Bupati Jombang Sugiat dengan Sumber Daya Manusia (SDM) pilar-pilar Sosial seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Taruna Siaga Bencana (Tagana), dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di Hotel Yusro.


Audiensi yang juga dihadiri Sekdakab Jombang, Asisten, Staf Ahli, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jombang, Camat se-Kabupaten Jombang, Kepala OPD terkait lingkup Pemkab Jombang ini, sebagai bagian dari komitmen Pemerintah Jombang untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan.

"Hari ini kita berkumpul untuk membahas langkah-langkah strategis dalam penguatan kapasitas dan optimalisasi kinerja pilar-pilar sosial di Kabupaten Jombang," kata Pj Bupati Jombang Sugiat, mengawali sambutannya Jumat (2/2), dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Sugiat menegaskan bahwa pilar sosial seperti PKH, Tagana, TKSK memiliki peran sentral dalam menjawab tantangan sosial di masyarakat dan merupakan bagian integral dari misi pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan warga.

"Atas nama Pemerintah Jombang, Saya mendukung penuh terhadap upaya penguatan dan pemantapan SDM pada pilar-pilar sosial di Kabupaten Jombang yang memiliki  peran penting dan kontribusi bagi masyarakat", tutur Sugiat, mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Jombang.

Menurut Sugiat, melalui peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman terhadap tugas dan tanggung jawab pilar sosial, sehingga dapat memastikan bahwa setiap program sosial dijalankan dengan optimal.

Sugiat juga mengajak seluruh komponen masyarakat, mulai dari unsur pemerintah, swasta, hingga masyarakat umum, untuk bersama-sama menciptakan ekosistem yang mendukung dan memudahkan pelaksanaan program-program tersebut.

"Mari kita bersama-sama berkomitmen untuk menjadikan Kabupaten Jombang sebagai contoh keberhasilan dalam penguatan kapasitas dan optimalisasi kinerja pilar-pilar sosial. Kita satukan tekad, kerja keras, dan semangat gotong royong untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan," ujar Pj Bupati Jombang.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jombang Hari Purnomo menyampaikan bahwa upaya penguatan kapasitas SDM Pilar Sosial ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Jombang dengan memberikan pelatihan, pembinaan, dan pengembangan sumber daya manusia di setiap pilar sosial.  

"Diharapkan SDM PKH, TKSK, dan Tagana, yang berperan dalam membantu pemerintah Kabupaten Jombang mensukseskan berbagai program sosial untuk kesejahteraan masyarakat benar-benar mengerti dan memahami tugas dan tanggungjawab yang cukup besar dengan selalu meningkatkan kemampuan demi kemajuan Jombang," tuturnya.

Disebutkannya SDM Pilar Sosial yang aktif di Kabupaten Jombang meliputi unsur, SDM PKH 159 orang, SDM TKSK 21 orang, dan SDM Tagana 40 orang. Materi Sosialisasi diantaranya disampaikan Ketua Bawaslu Jombang David Budiyanto, yakni sosialisasi tentang penyelenggaraan pemilu yang luber jurdil.

"Semoga pembinaan dan arahan Pj Bupati Jombang menjadi motivasi bagi kita semua, terutama SDM Pilar Sosial untuk terus berkontribusi dalam pembangunan sosial di Kabupaten Jombang," pungkas Hari Purnomo.