Kiai PCNU Sumenep Doakan H Abu Hasan Lolos ke Senayan

H Abu Hasan saat sambutan di tasyakuran tanah wakaf PCNU Sumenep/Ist
H Abu Hasan saat sambutan di tasyakuran tanah wakaf PCNU Sumenep/Ist

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sumenep mendoakan calon legislatif DPR RI dari PKB H Abu Hasan agar cita-citanya terkabul.


Hal itu terungkap pada acara Tasyakuran dan Istighosah di Tanah Wakaf PCNU Sumenep seluas satu hektare di Bukit Gelugur, Kecamatan Batuan, pada Sabtu (3/2/2024).

Acara Istighosah dihadiri ratusan warga NU Sumenep. Dari jajaran PCNU hadir diantaranya Rais Syuriah KH Hafidzy Syarbini, Ketua Tanfidziyah KH A Pandji Taufiq, dan Wakil Rais KH Imam Hendriyadi. Pengurus MWC NU dari berbagai Kecamatan juga hadir.

Dalam sambutannya, Sekretaris PCNU Sumenep Kiai Zainul Hasan mewakili Ketua PCNU Sumenep KH A Pandji Taufiq mengatakan bahwa tanah wakaf milik PCNU Sumenep di Bukit Gelugur itu merupakan hasil hibah dari Abu Hasan yang bakal menjadi aset warga NU.

Penyerahan tanah wakaf secara simbolis sudah diserahkan beberapa bulan lalu. Acara hari ini, kata Kiai Zainul, merupakan tasyakuran atas kepemilikan tanah wakaf PCNU Sumenep. 

"Penyerahan secara simbolis sudah diserahkan oleh H Abu Hasan saat acara Puncak Hari Santri beberapa bulan lalu. Saat ini acara tasyakuran," kata Kiai Zainul Hasan.

"Tanah wakaf ini milik jamiyyah NU. Bukan milik pengurus PCNU. Semoga tanah wakaf ini menjadi amal jariyah untuk keluarga Abu Hasan," pungkasnya. 

Usai sambutan dilanjutkan acara, istighosah yang dipimpin Rais Syuriah PCNU Sumenep KH Hafidzy Syarbini. Sebelum acara selesai, Ketua PCNU Sumenep KH A Pandji Taufiq tiba di lokasi beserta rombongan. Kiai Pandji datang terlambat karena bersamaan dengan menghadiri acara di Ponpes Annuqayah Guluk-Guluk

Sementara itu, Abu Hasan mengaku, motivasi untuk menghibahkan tanah 1 hektare kepada PC NU semata untuk amal jariyah keluarga besarnya yang telah mendahului.

"Ini murni amal jariyah keluarga besar saya pak. Tak ada kaitan dengan pencalonan saya sebagai Caleg PKB DPR RI," ujar Abu Hasan kepada wartawan usai acara.

Ia menjelaskan, tanah yang dihibahkan ke PCNU memiliki nilai ekonomi tinggi. Sebab akses jalan menuju tanah wakaf itu sudah dilebarkan menjadi 8 meter, sehingga mudah dilalui dua mobil.

Abu Hasan berharap tanah wakaf untuk PCNU Sumenep itu bisa bermanfaat untuk umat. "Saya hanya berharap semoga tanah wakaf ini bermanfaat," pungkasnya.

Sekedar informasi, harga tanah sekitar tanah wakaf itu PCNU Sumenep saat ini berkisar Rp 150 ribu permeter.

"Kalau sudah akses jalan selesai diaspal bisa naik menjadi Rp 300 ribu-Rp 500 ribu permeter persegi," kata Siswadi, anak muda NU Sumenep mengutip pernyataan warga setempat.