Ketua KPPS di Bondowoso Melahirkan saat Bertugas di TPS, Begini Kronologinya

Seorang Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Bondowoso, melahirkan saat tahapan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), pada Rabu (14/2).


Wanita bernama Fitria Ningsih tersebut sedang bertugas di TPS 11, Dusun Plalangan, Desa Bandilan, Kecamatan Prajekan, Kabupaten Bondowoso.

Saat dikonfirmasi via telepon, anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Prajekan, Rina Makkiyah menjelaskan, prosesi kelahiran dilaksanakan di rumah warga yang berada di samping TPS setempat.

"Awalnya tidak ada gejala mau melahirkan. Tapi tiba-tiba sakit pinggang, istirahat sebentar, lalu bayinya lahir di rumah warga sekitar TPS," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim

Melihat kejadian tersebut, PPK dan petugas medis langsung bergerak cepat terjun ke lokasi kejadian untuk memberikan perawatan medis kepada wanita yang akrab disapa Fitri tersebut.

"Saat ini mbak Fitri sudah dalam perawatan medis," ucap Rina.

Kendati demikian, Fitri masih tetap bisa melaksanakan tugasnya sebagai ketua KPPS untuk memberikan tandatangan pada surat suara.

"Karena surat suara kalau gak ditandatangani ketua KPPS kan gak sah," jelas Rina.

Sementara itu, saat dikonfirmasi terpisah, Ketua KPU Kabupaten Bondowoso, Junaidi menyatakan, bahwa peristiwa ini baru pertama kali terjadi sepanjang dia menjabat komisioner KPU Bondowoso 2 periode.

"Ini baru pertama kali terjadi. Kami juga tidak memprediksi bakal ada kejadian seperti ini, karena infonya Hari Perkiraan Lahir (HPL) dari yang bersangkutan masih seminggu lagi," kata Junaidi.

Meskipun terjadi peristiwa tak terduga, proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS 11 Desa Bandilan tetap berjalan lancar.

"Tidak ada kendala. Proses pemungutan dan penghitungan berjalan lancar," pungkasnya.