Kota Madiun jadi Tuan Rumah Lomba Kompetensi Siswa ke-32 se-Jatim

Pembukaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK ke-32 tingkat Provinsi Jawa Timur di Gor Wilis kota Madiun dibuka Penjabat Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono di dampingi Walikota Madiun Maidi./ist.
Pembukaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK ke-32 tingkat Provinsi Jawa Timur di Gor Wilis kota Madiun dibuka Penjabat Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono di dampingi Walikota Madiun Maidi./ist.

Kota Madiun menjadi tuan rumah gelaran Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK ke-32 tingkat Provinsi Jawa Timur.  LKS SMK se-Jatim 2024 yang digelar di GOR Utama Stadion Wilis tersebut dibuka langsung oleh Penjabat Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, Selasa (23/4). 


“Kita punya prestasi besar tahun lalu juara umum LKS tingkat nasional, itu persiapannya sangat berat sehingga tahun ini kita harus bisa mempertahankan. Oleh karena itu LKS SMK tingkat  provinsi harus betul-betul standarnya nasional, karena pasti persaingannya luar biasa,” ujar Adhy Karyono dikutip kantor berita RMOLJatim.

Sementara itu, sekretaris Dinas Pendidikan Jatim, Suhartono mengatakan, LKS tahun ini lebih berat dibanding tahun sebelumnya karena Jatim harus mampu mempertahankan juara umum tingkat nasional yang diraih tahun lalu. Karena itu seleksi tingkat cabang dinas kabupaten/kota sampai provinsi dilakukan secara selektif untuk menghasilkan siswa-siswi berkualitas.

“Selain itu ada pemantapan dan latihan dalam rangka meningkatkan kompetensi yang dilombakan pada LKS ini. Sehingga harapannya dengan seringnya dilakukan pemantapan dan tryout, pelaksanaan LKS ini menghasilkan calon juara yang bisa mewakili Jatim ke event tingkat nasional,” kata sekretaris Dinas Pendidikan Jatim, Suhartono. 

Informasi yang dihimpun, LKS SMK ke-32 tingkat Jawa Timur akan berlangsung selama empat hari mulai 23-26 April 2024. Setidaknya ada 54 bidang lomba diikuti 1.728 peserta SMK se Jawa Timur.

Adapun LKS SMK ke-32 tingkat Jatim tahun 2024 digelar di 20 titik SMK. Tidak hanya dipusatkan di Kota Madiun, tetapi juga di Kabupaten Madiun, Ngawi, Ponorogo, Magetan, Surabaya, dan Sidoarjo.