Kenaikan trafik data provider meningkat saat Pemilihan Presiden 2019. Selama tiga hari, mulai tanggal 16 sampai dengan 18 April 2019 PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengalami kenaikan hingga 24 persen dibandingkan trafik hari normal. Sementara itu trafik voice naik 4%.
- Rumah Padat Karya Viaduct Gubeng, Peluang Bisnis dan Usaha MBR Kecamatan Gubeng
- Transaksi Perbankan Internasional Bank Jatim Berkembang Pesat, Busrul Iman Dianugerahi Best CEO
- Ketum Dekopin dan Wagub Lantik Pengurus Dekopinwil Jatim 2020-2025
Sepanjang periode sehari sebelum dan setelah Pilpres 2019 kemarin masyarakat juga sangat antusias mengunggah foto dan video terkait pesta demokrasi yang berlangsung. Ini terlihat dari naiknya data berupa foto dan video yang diunggah melalui berbagai saluran digital naik hingga 7 persen.
Data menarik lainnya, karena hari Pemilihan Presiden 2019 adalah hari libur dan berdekatan dengan hari libur Paskah dan libur akhir pekan, maka banyak warga yang memilih pulang kampung atau juga berlibur sambil sambil mengikuti pencoblosan. Hal ini terlihat dari berpindahnya lokasi pelanggan dari area lokasi awal ke area lain.
Khusus pelanggan di area Jabodetabek, paling banyak berpindah ke Jawa Barat. Tasikmalaya menjadi area tujuan tertinggi pelanggan asal Jabodetabek dengan 17 persen, Garut 14 perse, Kuningan dan Indramayu sekitar 10 persen.[isa/aji
ikuti terus update berita rmoljatim di google news
- Digitalisasi Demi Kesejahteraan Masyarakat, bank bjbj Kembangkan Desa Digital 2.0
- Begini Cara BTN Beri Apresiasi Pengembang Loyal
- Mampu Entaskan Warga Miskin, Wali Kota Eri Apresiasi Program Tahara Koperasi SMB