Isu Virus Polio Serang Filipina Jelang SEA Games Memang Ada

Chief de Mission (CDM) kontingen Indonesia di ajang SEA Games 2019, Harry Warganegara, Selasa (29/10), bertolak ke Manila, Filipina.


Dengan didampingi beberapa staf pendukung, Harry bukan hanya meninjau venue yang akan digunakan oleh para atlet Indonesia, namun juga menemui kedutaan besar Indonesia di Filipina dan memastikan sejumlah isu yang muncul jelang dimulainya SEA Games 2019 November mendatang.

Salah satu isu yang mencuat jelang penyelenggaraan SEA Games di Filipina adalah penyebaran virus polio.

Hal ini tentunya sedikit membuat cemas sejumlah atlet yang dipercaya untuk mewakili Indonesia.

Namun setelah menemui sejumlah pihak terkait di Filipina, Harry memastikan kalau isu tersebut tidak perlu dirisaukan, karena titik penyebarannya sangat jauh dari tempat penyelenggaraan SEA Games 2019.

''Isu virus polio untuk anak memang ada, tetapi itu terjadi di wilayah selatan, dan itu sudah diantisipasi oleh pemerintah setempat. Sehingga saya pastikan atlet kita nanti akan tetap aman,'' ujar Harry.

Kebutuhan para atlet asal Indonesia akan makanan halal juga tak lupa dimasukkan ke dalam agenda kunjungan CDM ke Filipina.

Harry  mengaku bersyukur, pasalnya pihak panitia telah memastikan ketersediaan makanan halal bagi para atlet asal Indonesia selama berada di Filipina.

''Makanan untuk atlet Indonesia aman. Panitia juga sudah menyiapkan makanan halal. Jadi tidak akan ada masalah bagi para atlet asal Indonesia selama berada di Filipina,'' sambungnya.

Hanya saja, Harry sedikit menyayangkan sejumlah perubahan jadwal dan venue yang ditetapkan oleh panitia.

Hal ini nantinya akan ia kordinasikan kepada pelatih dan penganggung jawab setiap cabang olahraga yang mengalami perubahan jadwal dan tempat pertandingan.

''Ya, memang ada sejumlah perubahan jadwal dan venue. Nanti hal ini akan kita sampaikan kepada masing-masing cabor. Tetapi saya rasa perubahannya tidak akan terlalu mengganggu persiapan yang telah dilakukan oleh para atlet kita,'' bebernya.

Harry juga bersyukur karena pihak panitia memberikan banyak sekali kemudahan kepada kontingen Indonesia. Bahkan, tidak akan ada batas jumlah pewarta bagi para jurnalis yang akan melakukan peliputan di SEA Games 2019.

''Saya sudah mencoba untuk meloby pihak penyelenggara soal kuota wartawan asal Indonesia. Alhamdulillah mereka tidak akan membatasi jumlah pewarta asal Indonesia yang akan melakukan peliputan di sana.''

''Pihak KBRI juga sangat mendukung persiapan kami. Selain mewakili kami pada team drawing, mereka juga telah melakukan sejumlah persiapan luar biasa untuk menyambut kedatangan atlet asal Indonesia,'' pungkasnya.[fik/aji