Pemain Timnas Masih Butuh Waktu Lama Untuk Kompak

Erick Thohir/ RMOLJatim
Erick Thohir/ RMOLJatim

Pertandingan uji coba FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, dimenangkan oleh Timnas Indonesia atas Turkmenistan, pada Jumat (8/9) malam.


Ketua Umum PSSI Erick Thohir merasa gembira lantaran timnas bisa unggul dua gol tanpa balas. 

“Di awal-awal kita agak tertekan. Terus kita mulai berkembang. Tapi begitu ganti formasi tadi, sempet kita goyang lagi, tapi terus ganti formasi, lebih solid lagi dan akhirnya menang,” kata Erick, ditemui di GBT, usai pertandingan.

Artinya, kata Erick, fluktuasi permainan timnas tadi disebabkan oleh waktu latihan yang singkat. Pasalnya, pemain Indonesia relatif butuh waktu yang lama untuk menemukan kekompakan.

“Yang selalu saya bilang, memang kita belum seperti eropa, yang dimana kumpul main langsung kompak. Kota perlu waktu, dan  Ini lah kita selalu berharap di PSSI punya waktu lebih untuk konsolidasi pemain,” ucapnya.

 Erick menilai, permainan Egy Maulana Cs sudah membuahkan hasil yang baik, mengingat Turkmenistan memiliki peringkat FIFA yang lebih tinggi dari Indonesia.

“Tapi apapun hasilnya ini hasil yang baik. Karena rangking Turkmenistan itu lebih tinggi, artinya kalau kita menang hari ini, mungkin posisi peringkat kita naik di 147-148 tergantung negara-negara lain kan bertanding juga,” pungkasnya.

Seperti diketahui Timnas Indonesia mampu mengalahkan Turkmenistan 2-0 pada laga uji coba agenda FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (8/9) malam.

Dalam pertandingan ini Timnas Indonesia unggul 1-0 atas Turkmenistan berkat gol indah Dendy Sulistyawan dari luar kotak penalti pada menit ke-19.

Kemudian gol kedua Timnas Indonesia dicetak Egy Maulana Vikri pada menit ke-91.