2 Bakal Calon Bupati Jember 2024 Antre Mau Daftar di PKB, Bisa Daftar Secara Online!

Ketua DPC PKB Jember HM Ayub Junaidi (tengah) bersama Deks Pilkada DPC PKB Jember/RMOLJatim
Ketua DPC PKB Jember HM Ayub Junaidi (tengah) bersama Deks Pilkada DPC PKB Jember/RMOLJatim

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jember belum secara resmi membuka pendaftaran bakal calon bupati/wakil bupati untuk Pilkada 2024. Namun, sudah ada dua calon mengantre untuk mendaftar.


Hal ini menyusul launching DPP PKB memanggil putra-putri terbaik untuk menjadi gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, walikota/wakil walikota dalam pilkada serentak 2024. 

Launching tersebut digelar secara nasional melalui aplikasi zoom yang diikuti seluruh pengurus DPP PKB hingga DPC PKB seluruh Indonesia, pada Sabtu (20/4) dua hari lalu.

Ketua DPC PKB Jember, HM Ayub Junaidi mengatakan, sehari sebelum launching pendaftaran, sudah ada 2 bakal calon bupati Jember yang akan mendaftar melalui PKB Jember.

Dua orang dimaksud sudah pasang banner pencalonnnya di sejumlah titip di Jember. Namun, Ayub belum bisa menyebut identitas calon tersebut.

"Pokoknya sudah ada 2 kandidat yang sudah siap mendaftar, namanya rahasia. Yang jelas sudah pasang banner tersebar dimana-mana," kata Ayub dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (22/4).

Ayub menambahkan, setelah DPP PKB melaunching secara nasional, seluruh DPW PKB Provinsi dan DPC Kabupaten/kota seluruh Indonesia punya kewajiban untuk segera menyusul melaunching secara resmi di daerahnya masing-masing. 

Pada Pemilu 2024 lalu, lanjut Ayub, perolehan suara PKB Jember naik signifikan, yakni sekitar 50 ribu suara. Namun jumlah perolehan kursi PKB tetap, yakni 8 kursi. 

Karena itu, Ayub menegaskan PKB Jember terus menjalin komunikasi politik dengan parpol lain untuk bisa mengusung pasangan calon bupati. Sesuai persyaratan, minimal memiliki 10 kursi agar bisa mengusung pasangan calon.

Komunikasi dengan para pimpinan parpol di Jember terus dilakukan untuk menyamakan persepsi dan pandangan calon pemimpin yang akan diusung. 

"Calon pemimpin yang kami cari memiliki komitmen yang berpihak kepada rakyat dan bisa membawa kemajuan Jember yang lebih baik," kata Ayub.

Bagi bakal calon bupati, bisa datang langsung ke Kantor DPC PKB Jember atau bisa mendaftar secara online melalui website www.sicakada.pkb.id. Pendaftaran secara online itu sebagai langkah memberi peluang besar dan kemudahan bagi para calon. 

Misalnya warga Jember yang berada di luar daerah, pulau atau luar negeri dan berkeinginan untuk maju menjadi calon bupati, maka yang bersangkutan masih bisa mendaftar tanpa harus datang ke Kantor DPC PKB Jember, melainkan juga bisa langsung mendaftar melalui website PKB tersebut.