Kompetisi Sepakbola Usia Dini- Pelita Jaya Soccer School U-9 Dan Giras Soccer School U-11 Juara

Puncak acara kompetisi sepak bola usia dini, Indonesia Junior League (IJL) musim 2019 berakhir pada Minggu (1/12). Bertempat di Lapangan Nirwana Park Sawangan, Pelita Jaya Soccer School U-9 dan Giras Soccer School U-11, keluar sebagai yang terbaik.


Sementara di kategori U-11, Giras Soccer School keluar sebagai jawara. Pada laga final, tim asal Jakarta Utara mampu menyudahi perlawanan D'Joe FC dengan skor akhir 2-1. Laga harus melewati babak perpanjangan waktu, gol emas Muhammad Ridwan jadi bukti garansi kemenangan Giras.

Seperti tradisi musim-musim sebelumnya, rangkaian grand-final sekaligus closing ceremony IJL juga diramaikan lewat partai megah bertajuk IJL All Stars. Total ada 104 pemain terpilih ambil bagian menikmati atmosfer laga perang bintang.

Menariknya, laga perang bintang juga diramaikan mantan pesepak bola profesional kenamaan Tanah Air yakni Javier Roca dan Warsidi Ardi yang berperan sebagai pelatih.

Peta persaingan IJL musim 2019 memang terbilang begitu sukar untuk ditebak. Terbukti, banyak nama-nama besar bertumbangan.

CEO IJL, Rezza Mahaputra Lubis meyakini hal tersebut tidak lepas dari komitmen IJL menciptakan atmosfer kompetisi yang tidak hanya sengit namun juga sehat. Ketersediaan lapangan dengan kualitas memadai jadi salah satu contohnya.

"Pelan-pelan IJL akan berimbas ke tata kelola sepak bola Indonesia yang lebih baik. Intinya kita mulai dari level akar rumput terlebih dahulu," ujar Rezza.

"Profesionalisme dari operator akan berimbas ke tiap tim kontestan, dalam hal ini IJL ke SSB. Tidak berdampak positif ke pemain tetapi juga pelatih bahkan orangtua siswa," tambah Rezza.

Rezza berharap semangat yang dibawa IJL nantinya bisa dipetik dengan manis. Muaranya tentu berujung pada masa depan regenerasi Timnas Indonesia.

Semenjak IJL bergulir 2014, lanjut Rezza, pihaknya sudah memegang 9000 database pemain dari seluruh SSB area Jabodetabek. Hal ini menjadi modal nvestasi untuk masa depan generasi emas sepak bola Indonesia.

"2021 Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh FIFA, ini jadi semangat baru untuk tiap SSB berlomba-berlomba menelurkan pemain-pemainnya hasil didikannya. Sekali lagi, kita bicara soal keberanian untuk melakukan investasi jangka panjang," tandasnya.[fik/aji]



Distribusi Gelar Juara IJL 2019 (U-9):

Champions: Pelita Jaya Soccer School

Runner-up Champions: FIFA Farmel

Peringkat ke-3 Terbaik: D'Joe FC

Winners Plate-Cup: All Star Galapuri

Runner-up Plate: Salfas Soccer

Tim Fair-Play: GRT Sitanala

Top Skorer: Asril Marzuki (GRT Sitanala)

Pemain Terbaik: Valdo Putra Pratama (Pelita Jaya Soccer School)

Kiper Terbaik: Muhammad Arfan (Pelita Jaya Soccer School)

Distribusi gelar juara IJL 2019 (U-11):

Champions: Giras Soccer School

Runner-up Champions: D'Joe FC

Peringkat ke-3 Terbaik: Sparta

Winner Plate-Cup: CISS

Runner-up Plate: Tajimalela FA

Tim Fair-Play: Salfas Soccer

Top Skorer: Aldi Ari Saputra (D'Joe FC)

Pemain Terbaik: Muhammad Ridwan (Giras Soccer School)

Kiper Terbaik: Abdun Kais (Sparta)

Kontestan IJL 2019:

IJL U-9:

Grup Phenomenon:

Pelita Jaya Soccer School, D'Joe FC, Kembangan 8, FIFA Farmel, SSJ Kota Bogor, Metro Kukusan, Sparta, Pro: Direct Academy, Salfas Soccer, Garuda Muda Soccer Academy, CISS, BMIFA, Remci, Garec's, Ragunan Soccer School, Indonesia Rising Star

Grup Sensation:

Young Warrior FA, GRT Sitanala SS, FU15FA, Alba FC, Maesa Cijantung, M'Private Soccer School, Putra Agung, ASIOP, Indonesia Muda Utara, Serpong Jaya, All Star Galapuri, ASTAM, Atlas FC, Cipondoh Putra, SoccerED, Ocean Stars, Abstrax FA

IJL U-11:

Grup Phenomenon:

Salfas Soccer, Young Warrior FA, FIFA Farmel, D'Joe FC, ASIOP, Giras Soccer School, Putra Sejati, GRT Sitanala SS, B24HABS, Stoni Indonesia, Pro: Direct Academy, SS Gagak Rimang, Garec's, Brazilian Soccer School, Remci, Satria Muda

Grup Sensation:

FU15FA, Serpong Jaya, Maesa Cijantung, ASTAM, M'Private Soccer School, Sparta, Pelita Jaya Soccer School, Garuda Muda Soccer Academy, Tajimalela FA, CISS, All Star Galapuri, Ocean Stars, Indonesia Rising Star, BMIFA, Java Soccer Academy, Ragunan Soccer School, Indonesia Muda Utara